Kapan Pensiunan PNS Lakukan Otentikasi PT Taspen? Ini Cara Otentikasinya

- 10 Januari 2024, 14:04 WIB
Pensiunan PNS melakukan otentikasi PT Taspen kapan saja? Simak di sini untuk tata cara otentikasi dan waktunya.
Pensiunan PNS melakukan otentikasi PT Taspen kapan saja? Simak di sini untuk tata cara otentikasi dan waktunya. /Tampilan website resmi/taspen.co.id/

BERITA DIY - PT Taspen mengungkap bahwa pensiunan PNS tidak perlu melakukan otentikasi tiap bulan untuk pencairan gaji. Lalu, otentikasi tersebut dilakukan kapan saja? Simak di sini untuk penjelasan lengkapnya. 

Bagi yang bertanya tentang apa itu otentikasi? Maka jawabannya, otentikasi merupakan sebuah proses verifikasi yang dilakukan untuk memastikan bahwa dana pensiunan bulanan diterima oleh pihak yang berhak mendapatkannya. 

Merujuk dari keterangan PT Taspen, pensiunan PNS ternyata tidak perlu untuk melakukan otentikasi tiap bulan. Pada dasarnya PT Taspen akan mencairkan gaji para pensiunan PNS setiap tanggal 1 di tiap bulannya. 

Dengan demikian, para Pensiunan PNS tidak perlu tiap bulan melakukan otentikasi hanya untuk pencairan gaji. PT Taspen juga mengungkapkan bahwa terdapat tiga waktu tertentu para PNS bisa melakukan otentikasi tersebut. 

Kapan saja waktunya? Simak di bawah ini ya 

Baca Juga: Cara Klaim Beasiswa Taspen bagi Anak ASN Rp120 Juta: Cek Syarat Bantuan Pendidikan Ahli Waris PNS PPPK

 

Otentikasi PT Taspen bagi Pensiunan PNS 

Dikatakan oleh PT Taspen bahwa terdapat tiga waktu, dimana para pensiunan PNS bisa melakukan otentikasi. Adapun tiga waktu tersebut adalah sebagai berikut : 

  • Bagi penerima dana veteran, otentikasi ini bisa dilakukan secara 1 bulan sekali 
  • Bagi penerima pensiun sendiri/yatim/janda yang tidak memiliki ahli waris lain lagi, maka otentikasi ini dilakukan secara 2 bulan sekali 
  • Bagi penerima pensiun yang masih memiliki ahli waris (anak/pasangan), otentikasi ini bisa dilakukan secara 3 bulan sekali. 

Bagaimana, cukup mudah dan efisien bukan? Masih dikatakan oleh PT Taspen, bahwa otentikasi saat ini bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan para pensiunan PNS bisa melakukan otentikasi ini hanya lewat handphone saja. 

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x