Cara Otentikasi Taspen Pensiuanan agar Gaji Bisa Cair: Tutorial Verifikasi Online Mudah dan Cepat Lewat HP

- 4 November 2023, 11:32 WIB
Ilustrasi- Otentikasi pensiunan online, cara otentikasi Taspen pensiunan agar gaji bisa cair, tutorial verifikasi online dengan mudah dan cepat lewat HP dari rumah.
Ilustrasi- Otentikasi pensiunan online, cara otentikasi Taspen pensiunan agar gaji bisa cair, tutorial verifikasi online dengan mudah dan cepat lewat HP dari rumah. /Tangkap layar instagram.com/@taspen
 
BERITA DIY - Berikut cara otentikasi Taspen pensiunan agar gaji bisa cair, tutorial verifikasi online dengan mudah dan cepat lewat HP dari rumah.
 
Melakukan otentikasi Taspen merupakan tahap yang perlu untuk dilalui oleh para pensiunan, agar gaji bisa cair di rekening pensiun.
 
Lantas bagaimana cara otentikasi Taspen pensiunan, agar gaji bisa cair di rekening? Inilah tutorial verifikasi online yang dapat dilakukan dengan mudah dan cepat melalui HP.
 
Otentikasi Taspen merupakan tahap verifikasi yang dapat dilakukan pensiunan secara online, hal itu untuk memastikan bahwa dana pensiun bulanan diterima oleh pihak yang berhak.
 
 
Sebenarnya cara otentikasi Taspen ini merupakan hal yang mudah dan dapat dilakukan di mana saja melalui HP, meskipun dari rumah sekalipun.
 
Proses otentikasi Taspen ini sendiri memiliki 3 kategori yang berbeda untuk setiap penerima, yaitu seperti berikut ini.
 
Kategori Otentitakasi Taspen
 
1. Otentikasi 1 bulan sekali :
Bagi penerima tunjangan janda/duda/yatim veteran.
 
2. Otentikasi 2 bulan sekali : 
Bagi penerima tunjangan veteran sendiri dan penerima pensiun janda/duda/yatim yang tidak memiliki ahli waris tertunjang.
 
 
3. Otentikasi 3 bulan sekali :
Bagi pensiun sendiri yang tidak memiliki ahli waris tertunjang.
 
Sedangkan untuk cara otentikasi Taspen secara online dari rumah, pensiunan hanya perlu untuk mengunduh aplikasi "Taspen Otentikasi" di Playstore.
 
Namun sebelumnya, pastikan terlebih dahulu bahwa para pensiunan telah melakukan perekaman data Biometric maupun Enrollment di kantor Taspen atau mitra bayar Taspen.
 
Berikut cara otentikasi Taspen pensiunan secara online, dengan mudah dan cepat melalui HP tanpa harus ke kantor Taspen.
 
 
Cara Otentikasi Taspen Pensiunan
 
1. Download aplikasi Taspen Otentikasi di Playstore atau App Store
 
2. Buka aplikasi, lalu ketikkan Nomor Taspen (Notas)
 
3. Klik "Otentikasi"
 
4. Lalu otentikasi wajah dan ikuti instruksi yang muncul seperti berikut:
 
- Kedipkan mata
- Ucapkan huruf A
- Anggukkan kepala pelan-pelan
- Gelengkan kepala pelan-pelan
 
5. Akan muncul status otentikasi gagal atau berhasil
 
 
Apabila otentikasi berhasil, maka secara otomatis uang pensiunan akan segera masuk di rekening.
 
Namun ketika otentikasi gagal dilakukan, maka pensiunan perlu untuk memastikan bahwa bahwa telah menggunakan aplikasi versi terbaru dan memiliki sambungan internet yang memadai.
 
Selain itu, bisa dengan tutup aplikasi dan lakukan langkah otentikasi mulai dari awal sesuai cara di atas.
 
Kemudian apabila masih tetap gagal selama berhari-hari percobaan, maka dianjurkan untuk menghubungi nomor telepon 1500 919 atau dengan mendatangi kantor Taspen dengan membawa KARIP, KTP, dan buku tabungan.
 
Demikianlah cara otentikasi Taspen pensiunan agar gaji bisa cair, tutorial verifikasi online dengan mudah dan cepat lewat HP dari rumah.***

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x