Apa Arti Dobby Syndrome? Istilah Viral di TikTok, Ini Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengatasinya

- 30 Desember 2023, 12:14 WIB
Ilustrasi. Apa itu Dobby Syndrome, istilah viral di TikTok,lengkap dengan penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasinya, ada dalam artikel ini.
Ilustrasi. Apa itu Dobby Syndrome, istilah viral di TikTok,lengkap dengan penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasinya, ada dalam artikel ini. /PIXABAY/WOKANDAPIX

BERITA DIY – Berikut merupakan arti dari Dobby Syndrome, istilah viral di TikTok. Kenali penyebab, ciri-ciri, dan cara mengatasinya dalam artikel ini.

Istilah Dobby Syndrome mulai viral ketika salah satu member JKT48, yakni Zee, curhat kepada warganet karena dirinya dikatai mirip dengan Dobby.

Dobby sendiri merupakan salah satu karakter dalam film Harry Potter yang berasal dari bangsa elf atau peri rumah.

Dalam film Harry Potter, Dobby memiliki karakter yang baik. Dirinya digambarkan sebagai sosok yang setia dan berani berkorban untuk orang lain melebihi dirinya sendiri.

Baca Juga: Cair Rp50 Ribu Dua Kali! INI KTP yang Dapat Saldo DANA Gratis dari Pemerintah dan Cara Klaim hingga Rp700 Ribu

Dalam beberapa kesempatan, Dobby seringkali diperlakukan dengan tidak baik. Akan tetapi, dirinya tetap menerimanya dan tidak membalasnya.

Dikutip dari situs Exploring Your Mind, istilah Dobby Syndrome ini selalu dikaitkan dengan sifat personal yang suka menyalahkan dirinya sendiri.

Mereka cenderung merasa rendah diri dan tidak pantas untuk dihargai karena posisinya. Selain itu, pemilik Dobby Syndrome memiliki ketergantungan  yang berlebihan dengan orang lain.

Hal ini merupakan bentuk ikatan emosional yang terjadi antara dirinya dan orang lain. Akibatnya, hubungan yang terjadi tidak sehat dan seimbang.

Baca Juga: Jadwal Buka Tutup Jalur Puncak Hari Ini 30 31 Desember 2023 - 1 Januari 2024: Jam One Way dan Ganjil Genap

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x