Bacaan Tahlil NU Lengkap Teks Arab, Latin, Arti Bahasa Indonesia untuk Tahlilan dan Yasinan di Malam Jumat PDF

- 21 Desember 2023, 16:49 WIB
Ilustrasi -Bacaan tahlil NU lengkap teks Arab, latin, arti Bahasa Indonesia untuk tahlilan dan yasinan di malam Jumat, link download PDF Surat Yasin.
Ilustrasi -Bacaan tahlil NU lengkap teks Arab, latin, arti Bahasa Indonesia untuk tahlilan dan yasinan di malam Jumat, link download PDF Surat Yasin. /PEXELS/Pok Rie

BERITA DIY - Bacaan tahlil NU lengkap teks Arab, latin, arti Bahasa Indonesia untuk tahlilan dan yasinan di malam Jumat, link download PDF tersedia di sini.

Amalan yang sering dilakukan saat malam Jumat bagi warga NU adalah mengadakan tahlilan dan yasinan.

Acara tahlilan dan yasinan menjadi rutinan bagi para Nahdiyin (Sebutan orang NU) untum mendapat ridha Allah.

Membaca tahlil bahasa Arab dan arti Indonesia saat malam Jumat memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah melatih dan membiasakan kita untuk membaca kalimah tayyibah.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin dan Tahlil Lengkap NU Bahasa Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia Mudah Dibaca

Selain itu, membaca tahlil di acara tahlilan dan yasinan menciptakan kerukunan di keluarga hingga masyrakat sekitar.

Acara tahlilan dan yasinan saat malam Jumat umumnya dipimpin oleh seorang ustad atau kyai dengan membaca kalimat berikut:

1. Pengantar Al-Fatihah

اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وإِخْوَانِهِ مِنَ الأَنْبِيَاءِ وَالمُرْسَلِيْنَ وَالأَوْلِيَاءِ وَالشُّهَدَاءِ وَالصَّالِحِيْنَ وَالصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِيْنَ وَالعُلَمَاءِ العَامِلِيْنَ وَالمُصَنِّفِيْنَ المُخْلِصِيْنَ وَجَمِيْعِ المَلَائِكَةِ المُقَرَّبِيْنَ، ثُمَّ اِلَى جَمِيْعِ أَهْلِ القُبُوْرِ مِنَ المُسْلِمِيْنَ وَالمُسْلِمَاتِ وَالمُؤْمِنِيْنَ وَالمُؤْمِنَاتِ مِنْ مَشَارِقِ الأَرْضِ إِلَى مَغَارِبِهَا بَرِّهَا وَبَحْرِهَا خُصُوْصًا إِلَى آبَائِنَا وَأُمَّهَاتِنَا وَأَجْدَادِنَا وَجَدَّاتِنَا وَمَشَايِخِنَا وَمَشَايِخِ مَشَايِخِنَا وَأَسَاتِذَتِنَا وَأَسَاتِذَةِ أَسَاتِذَتِنَا وَلِمَنْ أَحْسَنَ إِلَيْنَا وَلِمَنْ اجْتَمَعْنَا هَهُنَا بِسَبَبِهِ شَيْءٌ لِلهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ
Artinya, “Untuk yang terhormat Nabi Muhammad SAW, segenap keluarga, dan saudaranya dari kalangan pada nabi, rasul, wali, syuhada, orang-orang saleh, sahabat, tabi'in, ulama al-amilin, ulama penulis yang ikhlas, semua malaikat Muqarrabin, kemudian semua ahli kubur Muslimin, Muslimat, Mukminin, Mukminat dari Timur ke Barat, baik di laut dan di darat, khususnya bapak kami, ibu kami, kakek kami, nenek kami, guru kami, pengajar dari guru kami, ustadz kami, pengajar ustadz kami, mereka yang telah berbuat baik kepada kami, dan bagi ahli kubur/arwah yang menjadi sebab kami berkumpul di sini. Bacaan Al-Fatihah ini kami tujukan kepada Allah dan pahalanya untuk mereka semua. Al-Fatihah…”

2. Al-Fatihah

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x