Apa Perbedaan Erupsi dan Meletus pada Gunung Berapi? Ini Penjelasan Lengkapnya

- 6 Desember 2023, 16:29 WIB
Ilustrasi. Perbedaan erupsi dan meletus pada gunung berapi yang masih aktif.
Ilustrasi. Perbedaan erupsi dan meletus pada gunung berapi yang masih aktif. /pixabay/AlexAntropov86/

BERITA DIY - Simak penjelasan apa perbedaan erupsi dan meletus pada gunung berapi yang masih aktif, lengkap dengan proses dan jenisnya, berikut ini.

Kabar duka baru saja menimpa masyarakat Indonesia, salah satu gunung aktif di Sumatera Barat yaitu Gunung Marapi telah erupsi pada Minggu, 3 Desember 2023 dan memakan korban jiwa.

Diketahui Gunung Marapi telah berstatus Waspada atau level 2 sejak tahun 2011 yang lalu dan pada Januari 2023, aktivitas vulkanik gunung ini meningkat.

Tidak adanya tanda-tanda sebelum erupsi Gunung Marapi dan munculnya istilah gunung erupsi dan gunung meletus membuat sejumlah masyarakat bertanya-tanya apa perbedaan dari kedua istilah tersebut.

Baca Juga: Kenapa Etnis Rohingya di Myanmar Ditolak oleh Mayoritas Buddha? Ini Penyebab dan Alasan Mengungsi

Dilansir dari laman Biro Administrasi Mutu Akademik dan Informasi Universitas Medan Area atau BUMAI UMA, istilah meletus dan erupsi pada gunung berapi memiliki arti yang sama.

Menurut KBBI, erupsi merupakan suatu istilah Geografi berarti letusan gunung api atau semburan sumber minyak dan uap panas.

Sementara meletus dalam KBBI berarti pecah atau terbuka dengan tiba-tiba karena adanya tekanan atau dorongan yang sangat kuat sehingga mengeluarkan bunyi yang sangat keras.

Lebih lanjut, dilansir dari laman BPBD Tanjung Balai Kota, gunung meletus merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x