Apa Itu Upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo? Bagaimana sejarah, dan Kapan Dilaksanakan Upacaranya?

- 2 Juni 2023, 15:05 WIB
Simak informasi tentang Upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo, bagaimana sejarah dan kapan dilaksanakan upacaranya.
Simak informasi tentang Upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo, bagaimana sejarah dan kapan dilaksanakan upacaranya. /https://unsplash.com/ @shukaiz

BERITA DIY - Simak informasi apa itu Upacara Yadnya Kasada di Gunung Bromo, bagaimana sejarah, dan kapan upacara ini dilaksanakan.

Upacara Yadnya Kasada merupakan upacara persembahan dengan sesajen untuk Sang Hyang Widhi dan para leluhur yang digelar setiap Bulan Kasada hari ke-14 dalam penanggalan kalender tradisional Hindu Tengger.

Mengutip dari laman bpbd.probolingo.go.id, upacara ini dilaksanakan di Pura Luhur Poten, tepat di kaki Gunung Bromo Jawa Timur tepat pada tengah malam hingga dini hari.

Pada tahun 2023 ini, Bulan Kasada hari ke-14 akan jatuh pekan ini di bulan Juni. Upacara Yadnya Kasada akan dilaksanakan mulai besok Sabtu, 3 Juni 2023 sampai Senin, 5 Juni 2023. Objek wisata Gunung Bromo akan ditutup sementara waktu dikarenakan dilaksanakannya upacara ini.

Pada masa sekarang ini, Upacara adat suku Tengger bertujuan untuk mengangkat dukun atau tabib yang ada di setiap desa di sekitar Gunung Bromo. Dalam upacara ini suku Tengger akan melemparkan sesaji berupa sayuran, ayam, dan bahkan uang ke kawah Gunung Bromo.

Baca Juga: Viral! Wisatawan Bromo Diminta 50 Ribu karena Video Tanpa Izin, Ini Permintaan Maaf Pemandu Kuda

Saat upacara ini dilangsungkan, calon dukun dan tabib akan melalui tes pembacaan mantra terlebih dahulu saat upacara Yadnya Kasada Bromo berlangsung sebelum dinyatakan lulus dan diangkat oleh tetua adat.

Kabarnya peran dukun atau tabib bagi suku Tengger sangat kuat karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan masalah yang dialami oleh masyarakatnya.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x