Gempa Magnitudo 7,2 di Laut Banda Picu Tsunami, Ini Penjelasan BMKG soal Pusat Gempa dan Ketinggian Tsunami

- 8 November 2023, 13:56 WIB
Gempa magnitudo 7,2 di Laut Banda memicu terjadinya tsunami. Ini penjelasan BMKG soal pusat gempa dan ketinggian tsunami.
Gempa magnitudo 7,2 di Laut Banda memicu terjadinya tsunami. Ini penjelasan BMKG soal pusat gempa dan ketinggian tsunami. /PIXABAY/psc631798

BERITA DIY - Gempa magnitudo 7,2 di Laut Banda memicu terjadinya tsunami. Simak penjelasan BMKG soal pusat gempa dan ketinggian tsunami.

Gempa dengan kekuatan besar hari ini, Rabu, 8 November 2023 mengguncang wilayah Laut Banda, Maluku.

BMKG melaporkan gempa terjadi pada pukul 11.52 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa memiliki parameter update dengan magnitudo 7,1. 

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Dayono, mengungkapkan pusat gempa berada di koordinat 6,15 derajat LS dan 129,96 derajat BT.

Baca Juga: Info Gempa Terkini: Terasa di Jakarta dan Bandung, Ini Pusat Gempa Hari Ini 1 Oktober 2023

“Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 255 km arah Barat Laut Tanimbar, Maluku pada kedalaman 45 km,” kata Daryono dalam siaran persnya.

BMKG memberi penjelasan, memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa Laut Banda ini merupakan jenis gempa dangkal.

Penyebab terjadinya gempa Laut Banda adalah aktivitas deformasi batuan atau kerak bumi di dasar Laut Banda. Gempa memiliki mekanisme pergerakan geser.

BMKG menyebut gempa magnituo 7,2 di Laut Banda ini memicu terjadinya tsunami kecil.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x