Apa 8 November Memperingati Hari Perempuan Sedunia? Tanggal 8 November Peringatan Apa?

- 8 November 2023, 08:53 WIB
Ilustrasi. info IWD 2023 Hari Perempuan Sedunia kapan, 8 November memperingati apa, tanggal 8 November ada peringatan Hari Perencanaan Kota Sedunia.
Ilustrasi. info IWD 2023 Hari Perempuan Sedunia kapan, 8 November memperingati apa, tanggal 8 November ada peringatan Hari Perencanaan Kota Sedunia. /Instagram.com/@pupr_bpjt

BERITA DIY - Banyak yang tanya mengenai IWD Hari Perempuan Sedunia kapan, 8 November memperingati apa, tanggal 8 November ada peringatan apa.

Cek apakah 8 November memperingati Hari Perempuan Sedunia? tanggal 8 November 2023 ada peringatan apa?

Untuk diketahui, Hari Perempuan Sedunia jatuh pada tanggal 8 Maret yang diresmikan PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) dengan tujuan mewujudkan kesetaraan antara laki-laki dan perempuan serta menolak budaya patriarki yang menindas.

Sayangnya, Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day bukanlah hari libur nasional. Padahal, dalam sejarahnya di Uni Soviet tanggal 8 Maret jadi hari libur.

Baca Juga: Tanggal 7 November 2023 Memperingati Hari Apa? Ini Link Twibbon Untuk Merayakan Hari Wayang Nasional

Lalu, 8 November memperingati hari apa?

Tanggal 8 November 2023 jatuh pada hari Rabu dan bukanlah tanggal merah atau hari libur. Dalam sejarahnya, 8 November diperingati sejumlah hari, antara lain:

Hari Perencanaan Kota Sedunia

Diinisiasi oleh Profesor asal Argentina, Carlos Maria della Paolera, memiliki sejarah yang menarik. Pada tahun 1949, di Buenos Aires, peringatan Hari Perencanaan Kota Sedunia 8 November dimulai dengan kedatangan para perencana dari 30 negara yang berkumpul untuk merayakan kegiatan tersebut.

Hari Radiologi Internasional

Sejarah Hari Radiologi Internasional dimulai pada tanggal 8 November 1895. Pada hari tersebut, seorang insinyur mesin dan fisikawan Jerman bernama Wilhelm Conrad Röntgen secara tidak sengaja menemukan sinar-X saat sedang menjelajahi sinar katoda. Penemuan ini kemudian menjadi dasar bagi spesialisasi medis radiologi.

Baca Juga: 10 November 2023 Libur atau Tidak, Memperingati Hari Apa? Ini Daftar Tanggal Merah November 2023

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x