Apa Itu No Bra Day yang Diperingati 13 Oktober? Ini Sejarah dan Manfaat Tak Pakai Beha untuk Kesehatan

- 13 Oktober 2023, 11:04 WIB
Apa itu No Bra Day yang diperingati 13 Oktober? Berikut ini sejarah dan manfaat tak pakai beha untuk kesehatan.
Apa itu No Bra Day yang diperingati 13 Oktober? Berikut ini sejarah dan manfaat tak pakai beha untuk kesehatan. /freepik/pikisuperstar

BERITA DIY - Apa itu No Bra Day yang diperingati 13 Oktober? Berikut ini sejarah dan manfaat tak pakai beha untuk kesehatan.

No Bra Day atau Hari Tanpa Bra diperingati setiap tanggal 13 Oktober. Meski memiliki konotasi negatif, faktanya peringatan ini memiliki tujuan yang penting.

Konotasi negatif muncul karena No Bra Day sering dianggap sebagai ajang wanita untuk pamer payudara dan memperingatinya dengan cara memposting selfie tanpa bra ke media sosial. Hal ini mengundang kontroversi terhadap No Bra Day dari berbagai kalangan.

Namun faktanya, perayaan No Bra Day bertujuan untuk mengajak wanita agar lebih peduli terhadap kesehatan payudara, serta meningkatkan kesadaran akan kanker payudara yang menjadi penyumbang kematian tertinggi kaum wanita. No Bra Day juga disebut-sebut merupakan bagian dari peringatan Bulan Kesadaran Kanker Payudara Sedunia yang dirayakan setiap bulan Oktober.

Baca Juga: Mengenal Kanker Payudara, Dikampanyekan pada No Bra Day 13 Oktober 2022: Simak Gejala dan Cara Mengobati

Apa Itu No Bra Day dan Sejarahnya

Dikutip dari National Today, ada dua tanggal untuk merujuk pada ejarah No Bra Day yakni 9 Juli 2011 dan 19 Oktober 2011.

Pengguna internet bernama Anastasia Doughnuts lewat akun pribadinya, menjadi sosok yang pertama kali mencetuskan No Bra Day pada 9 Juli 2011.

Sementara pada 19 Oktober di tahun yang sama, ahli bedah plastik asal Toronto, Canada, dr Mitchell Brown mencanangkan Breast Reconstruction Awareness (BRA) Day untuk meningkatkan kesadaran wanita terhadap skrining dini dan gejala kanker payudara, serta prosedur rekonstruksi payudara bagi pasien yang menjalani mastektomi akibat kanker payudara.

Halaman:

Editor: Muhammad Suria


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x