Kapan Gerhana Matahari Cincin Terjadi Oktober 2023 Jam Berapa, Bisakah Dilihat Indonesia?

- 5 Oktober 2023, 19:30 WIB
Gerhana Matahari cincin adalah fenomena alam yang terjadi ketika Bulan menutupi sebagian besar cakram Matahari karena berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga tampak lebih kecil dari Matahari.
Gerhana Matahari cincin adalah fenomena alam yang terjadi ketika Bulan menutupi sebagian besar cakram Matahari karena berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga tampak lebih kecil dari Matahari. /Tangkap layar Apod.nasa.gov

BERITA DIY - Berikut ada informasi kapan Gerhana Matahari cincin terjadi Oktober 2023 jam berapa, bisakah dilihat di Indonesia?

Pada Oktober 2023 ini, akan terjadi fenomena astronomi Gerhana Matahari cincin yang terakhir pada tahun ini.

Sebelumnya, apa itu Gerhana Matahari cincin?

Gerhana Matahari cincin adalah fenomena alam yang terjadi ketika Bulan menutupi sebagian besar cakram Matahari karena berada di antara Bumi dan Matahari, sehingga tampak lebih kecil dari Matahari.

Akibatnya, selama gerhana, tepi Matahari masih terlihat sebagai lingkaran terang yang mengelilingi Bulan yang lebih kecil. Ini karena itu disebut "Gerhana Matahari cincin" atau "Gerhana Matahari cincin penuh".

Baca Juga: Fenomena Gerhana Bulan Penumbra Malam Ini 6 Mei 2023, Jam Berapa dan Apa Dampaknya?

Gerhana Matahari cincin terjadi ketika sebagian besar Matahari tertutup oleh Bulan. Fenomena ini hanya dapat diamati dari beberapa tempat di Bumi yang berada di jalur gerhana, dan wilayah di sekitarnya dapat mengalami Gerhana Matahari sebagian.

Gerhana Matahari cincin adalah peristiwa yang unik dan menarik. Sangat penting untuk melindungi mata Anda selama Gerhana Matahari cincin, karena suasana menjadi agak gelap, tetapi tidak sepenuhnya gelap seperti Gerhana Matahari total. Anda dapat melindungi mata Anda dengan menggunakan kacamata khusus yang memungkinkan Anda melihat Matahari tanpa merusaknya.

Para pengamat langit dan peneliti astronomi melihat fenomena ini dan mendapatkan banyak pengetahuan tentang bagaimana Bumi, Bulan, dan Matahari bergerak dalam tata surya kita. Para pecinta astronomi harus menantikan Gerhana Matahari cincin, salah satu contoh indah alam semesta.

Di mana wilayah Gerhana Matahari cincin Oktober 2023?

Menurut Thomas Djamaluddin, profesor Astronomi dan Astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Gerhana Matahari cincin tidak akan terjadi di Indonesia.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah