Bacaan Niat Puasa Senin Kamis Lengkap: Arab, Indonesia dan Terjemahannya

- 2 September 2020, 21:28 WIB
Niat dan Keutamaan Puasa Tasua, Wujudkan Mimpi Rasulullah.
Niat dan Keutamaan Puasa Tasua, Wujudkan Mimpi Rasulullah. /

BERITA DIY - Puasa pada hari Senin-Kamis adalah salah satu ibadah sunah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Selain menjadi salah satu ibadah sunah yang diajarkan Rasulullah SAW, puasa Senin-Kamis juga memberikan manfaat kesehatan untuk tubuh.

Ibadah sunah ini dianjurkan Rasulullah SAW dalam hadist berikut.

تُعْرَضُ الأَعْمَالُ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَالْخَمِيسِ فَأُحِبُّ أَنْ يُعْرَضَ عَمَلِى وَأَنَا صَائِمٌ

“Berbagai amalan akan dihadapkan (kepada Allah) pada hari Senin dan Kamis, maka aku suka jika amalanku sedang dihadapkan dan aku sedang berpuasa.” (HR. Tarmidzi).
Rasulullah SAW juga bersabda, setiap hambanya yang tidak melakukan syirik kepada Allah SWT akan diampuni dosanya.

تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ يَوْمَ الاِثْنَيْنِ وَيَوْمَ الْخَمِيسِ فَيُغْفَرُ لِكُلِّ عَبْدٍ لاَ يُشْرِكُ بِاللَّهِ شَيْئًا إِلاَّ رَجُلاً كَانَتْ بَيْنَهُ وَبَيْنَ أَخِيهِ شَحْنَاءُ فَيُقَالُ أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا أَنْظِرُوا هَذَيْنِ حَتَّى يَصْطَلِحَا

“Pintu surga akan di buka pada hari Senin dan kamis. Setiap hamba yang tidak berbuat syirik kepada Allah sedikit-pun maka akan diampuni (pada hari tersebut) kecuali seseorang yang memiliki pertengkaran (permusuhan) antara dirinya dan saudaranya. Nanti akan dikatakan pada mereka, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai, akhirkan urusan mereka sampai mereka berdua berdamai.” (HR. Muslim).

Baca Juga: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Beserta Artinya dan Keutamaan saat Membaca

Selain itu, beberapa manfaat puasa Senin-Kamis untuk kesehatan adalah dapat menurunkan berat badan serta mengontrol gula darah. Berikut adalah doa niat puasa Senin-Kamis.

Niat Puasa Senin

نَوَيْتُ صَوْمَ يَوْمَ اْلاِثْنَيْنِ سُنَّةً ِللهِ تَعَالَى

Halaman:

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x