Bacaan Doa Iftitah Lengkap Beserta Artinya dan Keutamaan saat Membaca

- 1 September 2020, 12:46 WIB
Ilustrasi Salat taubat dan cara melakukannya
Ilustrasi Salat taubat dan cara melakukannya //Aquilla Style

BERITA DIY - Bagi umat Muslim, menjalani ibadah salat lima waktu hukumnya wajib. Dimulai dari Subuh, Zuhur, Ashar, Maghrib, dan Isya.

Allah SWT berfirman dalam QS. An-Nisa ayat 103 yang artinya:

"Maka apabila kamu telah menyelesaikan salat(mu), ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. Kemudian apabila kamu telah merasa aman, maka dirikanlah salat itu (sebagaimana biasa). Sesungguhnya salat itu adalah fardhu yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman."

Tetapi, beruntungnya wanita Muslim diberikan keringan untuk tidak mengerjakan kelima salat wajib tersebut jika sedang mengalami haid atau nifas.
 
 
Dalam melakukan salat, baik itu salat wajib maupun sunah, terdapat amalan berupa membaca doa iftitah yang dilafalkan pada rakaat pertama sebelum membaca surat Al-Fatihah.
 
Doa iftitah adalah doa yang mengandung harapan. Meskipun membaca doa iftitah hukumnya sunah, bagi sebagian orang menganggap salat tidak akan sempurna jika tidak membaca doa tersebut. Dan menjadikan doa iftitah seperti wajib.
 
"Salat seseorang tidak sempurna hingga ia bertakbir memuji Allah dan menyanjungnya kemudian membaca bacaan Al-Qur'an yang mudah baginya." (HR Abu Daud dan Hakim)
 
 
Namun, meskipun membaca doa iftitah saat salat hukumnya sunnah, kamu tidak perlu merasa cemas perihal sah atau tidaknya salat yang dilakukan. Hanya saja, kamu tidak mendapatkan pahala dari membaca doa iftitah tersebut.
 
"Barangsiapa yang menghidupkan satu sunah dari sunah–sunah-Ku, dan diamalkan oleh manusia. Maka, ia akan memperolehkan pahala seperti pahala orang-orang yang mengamalkannya, dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun." (Hadits Shahih Riwayat Ibnu Majah)
 
Dilansir dari berbagai sumber pada Sabtu (29/8/2020), rupanya dengan membaca doa iftitah seperti yang diterangkan dalam hadits Shahih dari Anas bin Malik RA bahwa ketika ada seorang laki-laki muslim membaca doa iftitah saat ia mengerjakan salat, Nabi Muhammad SAW bersabda:
 
"Aku melihat 12 malaikat bersegera menuju kepadanya (laki-laki muslim) mereka saling berlomba untuk mengangkat doa itu kepada Allah SWT." (HR Muslim)
 
 
Berikut bacaan Doa Iftitah
 
Allaahu akbaru kabiiraw walhamdu lilaahi katsiran, wa subhaanallaahi bukrataw wa’ashiila, innii wajjahtu wajhiya lilladzii fatharas samaawaati wal ardha haniifam muslimaw wamaa anaa minal musyrikiina. Inna shalaatii wa nusukii wa mahyaaya wa mamaatii lillaahi Rabbil ‘aalamiina. Laa syariikalahu wa bidzaalika umirtu wa anaa minal muslimiina.
 
Artinya: Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah kepunyaan Allah, Tuhan semesta alam, yang tiada satu pun sekutu bagi-Nya. Dengan semua itulah aku diperintahkan dan aku adalah termasuk orang orang yang berserah diri.
 
itulah keutamaan dan bacaan doa iftitah. Semoga aja kita nggak lupa ya untuk membaca doa iftitah sata melaksanakan salat wajib maupun sunah.***

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x