Hati Jadi Tenteram hingga Dimudahkan Hidupnya, Ini Sederet Keutamaan Baca Surat Yasin

- 2 September 2020, 01:23 WIB
Al Quran yang memuat surah Al-Falaq dan An-Nas
Al Quran yang memuat surah Al-Falaq dan An-Nas //UNSPLASH
BERITA DIY - Salah satu surat ke-36 yang terdapat di dalam kitab suci Al-Quran adalah surat Yasin. Surat yang diturunkan di kota Mekkah atau termasuk dalam golongan surat Al-Makkiyah, surat Yasin terdiri dari 86 ayat.

Membaca surat Yasin bisa menjadi salah satu rutinitas umat Muslim yang bukan hanya dibaca saat tahlilan atau apabila ada orang yang meninggal dunia. Disebut juga sebagai jantungnya Al-Quran, surat Yasin mengandung makna yang cukup dalam.

Seperti mengenaik dihidupkannya kembali makhluk ciptaan Allah SWT, peringatan Allah SWT dan Rasul-Nya, balasan untuk orang mukmin dan kafir, hingga peringatan Rasulullah mengenai neraka.
Baca Juga: Bacaan Doa Iftitah Lengkap Beserta Artinya dan Keutamaan saat Membaca

Selain dibaca saat tahlilan dan setelah salat fardu lima waktu, surat Yasin juga biasa dibaca ketika ada seseorang yang sedang mengalami sakaratul maut, mengirim doa untuk keluarga atau kerabat, pun saat ziarah kubur.

Dalam praktik keseharian, membaca surat Yasin memang saat ini sudah lebih sering dilakukan. Surat yang juga dapat dibaca saat mengharapkan rezeki dari Allah SWT dan mencari jodoh ini memiliki banyak keutamaan jika mengamalkan dan membacanya.
 
Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Abu Daud, ia mempertegas salah satu keutamaan membaca surat Yasin pada malam jumat.
 
"Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya." (HR Abu Daud dari al-Habr)
 
Selain itu, surat Yasin pun akan membantu seseorang yang sedang sakaratul maut atau sekarat agar diberikan kemudahan atau bekal menuju akhirat, seperti yang dijelaskan dalam hadist Ma'qal bin Yasar,
 
"Surat Yasin adalah jantung Al-Quran. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat."
 
 
Tak hanya itu, mereka yang dengan rutin membaca surat Yasin pada malam hari akan dipermudah ajalnya, bahkan inshaallah ia meninggal dalam keadaan syahid.
 
"Barang siapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid." (HR At- thobroni, dari pernyataan Anas bin malik)
 
Ketentraman hati pun akan didapat, sebab membaca Al-Quran sama halnya dengan memperbanyak zikir.
 
Allah SWT berfirman dalam QS. Ar-Rad ayat 28 yang artinya:

"(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram."

Sementara itu, pahala akan dilipat gandakan dan dosa-dosa yang dimiliki semasa hidup akan diampuni oleh Allah SWT.
 
"Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhoan Allah maka diampuni dosa-dosanya." (HR At Thabrani dan Al-Bayhaqi, dari Abu hurairah ra)
 
 
Keutamaan lainnya, yaitu memperoleh pahala layaknya orang bersedekah. Ini diperjelas dalam suatu hadist yang berbunyi,
 
"Orang yang membaca Al-Quran terang-terangan seperti orang yang bersedekah terang-terangan, orang yang membaca Al-Quran secara tersembunyi seperti orang yang bersedekah secara sembunyi." (HR Abu Dawud, Tirmidzi dan Nasa’i)
 
Nah, itulah beberapa keistimewaan surat Yasin. Pada hakikatnya, membaca Al-Quran memang hal yang baik, segala bentuk permasalahan akan diberikan kemudahan dan menjadi penolong di akhirat nanti. Jadi, nggak ada salahnya kan untuk rajin membaca Al-Quran, terutama surat Yasin.***

Editor: Resti Fitriyani

Sumber: Berita DIY


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x