Contoh Teks Kata-kata Sungkeman Pernikahan yang Singkat dan Menyentuh Hati kepada Orang Tua

- 29 Agustus 2023, 18:40 WIB
Prosesi Sungkeman pada Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Ini contoh kata-kata yang diucapkan.
Prosesi Sungkeman pada Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Ini contoh kata-kata yang diucapkan. / /Tangkapan Layar/Instagram @kaesangp//

BERITA DIY - Simak contoh teks kata-kata sungkeman pernikahan yang singkat dan menyentuh hati kepada orang tua, selengkapnya.

Pernikahan menjadi momen yang sangat membahagiakan dan sakral bagi keluarga. Berbagai prosesi biasa dilakukan saat melakukan pernikahan, salah satunya adalah sungkeman.

Sungkeman merupakan salah satu acara adat Jawa yang kini berkembang menjadi bagian dari acara pernikahan tak hanya dari adat Jawa saja.

Diambil dari kata sungkem yang bermakna bersimpuh atau duduk berjongkok sambil mencium tangan. Momen ini menjadi momen yang sangat mengharukan dalam pernikahan.

Baca Juga: Monster Loch Ness Adalah Apa di Skotlandia, Apakah Itu Ada?

Sungkeman memiliki makna yang mendalam mulai dari sarana memberikan ucapan terima kasih kepada orang tua yang telah mendidik dari kecil hingga dewasa.

Selain itu juga sebagai sarana penyadaran diri dan melatihan kerendahan hati dari anak kepada orang tua yang telah membesarkan.

Banyak calon pengantin yang belum mengetahui apa kata-kata yang harus diucapkan saat akan melakukan sungkeman baik kepada orang tua sendiri maupun kepada mertua.

Jika Anda akan melangsungkan pernikahan, berikut contoh teks kata-kata sungkeman pernikahan yang singkat dan menyentuh hati.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x