Bacaan Sungkeman Halal bi Halal Bahasa Indonesia yang Bisa Diucapkan Saat Lebaran Idul Fitri 2023

- 21 April 2023, 17:00 WIB
Ilustrasi - Orang bermaaf-maafan saat Idul Fitri, bacaan sungkeman untuk halal bi halal dengan bahasa Indonesia yang bisa diucapkan saat Idul Fitri 2023 kepada orang tua dan saudara.
Ilustrasi - Orang bermaaf-maafan saat Idul Fitri, bacaan sungkeman untuk halal bi halal dengan bahasa Indonesia yang bisa diucapkan saat Idul Fitri 2023 kepada orang tua dan saudara. /Pexels.com/@Rodnae Productions
 
BERITA DIY - Berikut bacaan sungkeman untuk halal bi halal dengan bahasa Indonesia yang bisa diucapkan saat lebaran Idul Fitri 2023.
 
Sungkeman atau halal bi halal merupakan salah satu tradisi masyarakat Indonesia ketika lebaran Idul Fitri datang.
 
Sungkeman kadang bisa dilakukan kepada kedua orang tua, kakek, nenek, maupun keluarga yang lebih tua, sebagai bentuk permintaan maaf.
 

 
Dengan begitu sungkeman kepada keluarga yang berusia lebih tua juga menjadi salah satu moment yang paling ditunggu usai menjalankan kewajiban puasa selama satu bulan penuh.
 
 
Biasanya tradisi sungkeman dilakukan masyarakat seusai melaksanakan sholat Idul Fitri, dengan mengucapkan bacaan - bacaan tertentu sebagai wujud bakti dan permohonan maaf.
 

Sebenarnya merangkai bacaan untuk sungkeman juga tergolong mudah, namun bagi masyarakat yang masih bingung juga tidak perlu khawatir.

Karena di sini akan tersaji bacaan sungkeman halal bi halal yang bisa dijadikan contekan saat lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah ini.
 
Lantas bagaimana ucapan pada saat sungkeman halal bi halal Idul Fitri kepada orang tua, maupun keluarga yang berusia lebih tua?

Adapun berikut bacaan sungkeman halal bi halal yang bisa dijadikan referensi masyarakat pada lebaran Idul Fitri 2023.
 
 
Bacaan Sungkeman Halal bi Halal Idul Fitri 2023
 
1. Bapak/Ibu, Minal Aidzin Wal Faidzin, saya ingin meminta maaf atas segala salah yang pernah saya lakukan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. 
 

2. Bapak/Ibu, maafkan atas segala khilaf saya sebagai anak, yang terkadang masih sering membantah, dan meninggikan suara kepada bapak dan Ibu.
 
3. Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin, maafkan semua salah dan khilaf yang pernah saya lakukan kepada bapak dan ibu.
 
4. Saya ingin memohon maaf kepada bapak dan ibu, anak memang tempatnya salah dan tak luput dari dosa. Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin.

 
5. Bapak/Ibu pada hari lebaran ini, saya ingin meminta maaf dari segala salah dan kekeliruan yang telah saya perbuat. Mohon maaf lahir dan batin.
 
6. Semoga bapak dan Ibu berkenan membukakan pintu maaf pada hari lebaran ini, untuk semua kesalahan dan kekhilafan yang telah saya perbuat. Mohon maaf lahir dan batin.
 
7. Minal Aidzin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin bapak ibu, maafkan segala salah dan kekeliruan baik yang saya sengaja maupun yang tidak disengaja. 
 
Demikianlah bacaan sungkeman untuk halal bi halal dengan bahasa Indonesia yang bisa diucapkan saat lebaran Idul Fitri 2023.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x