Lirik Lagu Bangun Pemudi Pemuda, Lagu Wajib Nasional Ciptaan Alfred Simanjuntak PDF: Tangan Bajumu Singsingkan

- 10 Agustus 2023, 10:44 WIB
Ilustrasi - Teks lirik lagu Bangun Pemudi Pemuda, lagu wajib nasional Indonesia ciptaan Alfred Simanjuntak PDF, tangan bajumu singsingkan untuk negara.
Ilustrasi - Teks lirik lagu Bangun Pemudi Pemuda, lagu wajib nasional Indonesia ciptaan Alfred Simanjuntak PDF, tangan bajumu singsingkan untuk negara. /PIXABAY/delphinmedia

BERITA DIY - Simak teks lirik lagu Bangun Pemudi Pemuda, lagu wajib nasional Indonesia ciptaan Alfred Simanjuntak, tangan bajumu singsingkan untuk negara, ada link download PDF.

Lagu wajib nasional biasanya akan dinyanyikan dalam acara peringatan hari-hari besar, mulai dari peringatan Sumpah Pemuda, Hari Lahir Pancasila hingga HUT Kemerdekaan RI.

Salah satu lagu wajib yang sering dinyanyikan adalah lagu berjudul Bangun Pemudi Pemuda ciptaan Alfred Simanjuntak. Teks lirik lagunya tersedia di sini dan dapat di-download dalam bentuk file PDF.

Lirik pada lagu ini memiliki makna yang berarti untuk pemuda pemudi Indonesia. Dalam lagu ini ada lirik dengan kalimat "tangan bajumu singsingkan untuk negara".

Baca Juga: Lirik Lagu 17 Agustus 1945, Siapa Sosok Penciptanya? Ini Profil Singkat H. Mutahar

Mulanya lagu ini terinspirasi dari lagu mars dari Sekolah Rakyat Sempurna Indonesia yang juga diciptakan oleh Alfred Simanjuntak. Nada dalam mars tersebut juga dipakai di lagu Bangun Pemudi Pemuda.

Kemudian Alfred melakukan beberapa perubahan lirik, dengan tujuan agar dapat memberikan semangat kepada seluruh generasi muda Indonesia tidak hanya untuk warga Sekolah Rakyat Sempurna Indonesia.

Umumnya, kata pemuda pemudi dituliskan dengan bentuk "pemuda pemudi". Namun pada lagu wajib ini kata pemudi diletakkan di depan kata pemuda, dengan alasan mengikuti penyebutan dalam Bahasa Inggri "ladies and gentlemen", serta beberapa alasan lainnya.

Lagu ini diharapkan dapat meningkatkan semangat dan rasa nasionalisme bagi pemuda. Agar terus diingat, biasanya di sekolah-sekolah dapat dinyanyikan setiap upacara bendera hari Senin.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x