Kenapa Bulan Suro Tidak Boleh Renovasi, Membangun, Pindah Rumah di Mitos Jawa, Apa Bulan Baik Bangun Rumah?

- 25 Juli 2023, 19:23 WIB
Ilustrasi. Di mitos Jawa, kenapa bulan Suro tidak boleh renovasi, membangun, atau pindah rumah. Lalu apa bulan baik bangun rumah menurut Islam.
Ilustrasi. Di mitos Jawa, kenapa bulan Suro tidak boleh renovasi, membangun, atau pindah rumah. Lalu apa bulan baik bangun rumah menurut Islam. /PIXABAY/Angelo_Giordano

 

BERITA DIY - Banyak yang bertanya hari ini: mengapa bulan Suro tidak boleh pindah rumah, apakah bulan Suro baik untuk membangun rumah, bangun rumah di bulan Suro menurut Islam.

Di mitos Jawa, kenapa bulan Suro tidak boleh renovasi, membangun, atau pindah rumah. Lalu apa bulan baik bangun rumah menurut Islam.

Dalam kalender Jawa, Muharram sering disebut sebagai bulan Suro. Yang mana, bulan Suro dalam mitos Jawa diidentikkan dengan sejumlah larangan bagi laku manusia.

Misalnya, di bulan Suro ada larangan berpergian jauh jika tidak ada kepentingan, larangan menggelar pesta seperti pernikahan, khitanan dan syukuran lainnya, sampai dengan larangan membuat rumah, pindahan, hingga bangun rumah.

Baca Juga: Tata Cara Memperingati 10 Muharram, Ini Keistimewaan Hari Asyura dan Peristiwa Penting di Masa Lalu

Larangan atau pantangan di bulan Suro tercantum dalam primbon Jawa. Yang bertujuan agar manusia diberikan keselamatan.

Larangan atau pantangan bulan Suro dalam mitos Jawa dibuat dari pengalaman, pengetahuan panca indra (melihat, merasa, mendengar) oleh orang-orang di masa lampau.

Di mana, mereka menyaksikan serta mengalami hal-hal buruk dari apa yang dibuat atau dirayakan pada bulan Suro. Oleh karenanya, bulan Suro dianggap sebagai waktu yang buruk.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x