Apa Itu El Nino dan La Nina? Ini Dampak Fenomena Iklim di Indonesia dan Kapan Prediksi Terjadi Menurut BMKG

- 20 Juli 2023, 21:00 WIB
Mengenal apa itu fenomena El Nino dan La Nina lengkap dengan dampaknya di Indonesia.
Mengenal apa itu fenomena El Nino dan La Nina lengkap dengan dampaknya di Indonesia. /freepik.com/@jcomp

BERITA DIY - Ketahui apa itu El Nino dan La Nina, salah satu fenomena badai yang akan terjadi di Indonesia, cek dampak dan kapan prediksi akan terjadi menurut BMKG, berikut ini.

Indonesia bersiap untuk menghadapi fenomena iklim El Nino yang diprediksi akan mengalami puncaknya pada bulan Agustus hingga September 2023 yang akan datang.

Menanggapi hal tersebut, Presiden Joko Widodo mengadakan rapat terbatas (ratas) bersama sejumlah jajaran untuk membahas antisipasi kesiapan dalam menghadapi fenomena iklim El Nino ini.

Dilansir dari situs presidenri.go.id, rapat terbatas digelar di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa, 18 Juli 2023 dan turut dihadiri oleh Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati.

Baca Juga: Apa Itu Fenomena Aphelion 2023? Benarkah Penyebab Cuaca Dingin Hari Ini? Begini Penjelasan dari BMKG

Sebagai informasi, BMKG telah memprediksi adanya fenomena El Nino ini sejak awal tahun 2023 yang lalu. Bahkan pemerintah telah melakukan koordinasi langkah antisipasi sejak bulan Februari - April yang lalu.

Usai ratas yang diadakan bersama dengan Presiden Joko Widodo, Kepala BMKG menjelaskan bahwa saat ini Indonesia telah memasuki musim kemarau, namun potensi adanya bendcana hidrometeorologi masih tetap ada.

Apa Itu El Nino?

Dikutip dari laman BMKG NTB, El Nino adalah fenomena pemanasan suhu muka laut atau SML di atas kondisi normal yang terjadi di Samudera Pasifik bagian tengah.

Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera Pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di Indonesia atau secara sederhana memicu terjadinya kekeringan di Indonesia.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x