Hasil Sidang Isbat Idul Adha 2023 Jatuh Tanggal Berapa Kemenag, Muhammadiyah, NU: Kapan dan Jam Berapa Sidang?

- 18 Juni 2023, 11:21 WIB
Ilustrasi - Sidang Isbat Idul Adha 2023 Kemenag kapan dan jam berapa, Idul Adha Muhammadiyah, NU dan Kemenag dan Idul Adha 2023 jatuh pada tanggal berapa.
Ilustrasi - Sidang Isbat Idul Adha 2023 Kemenag kapan dan jam berapa, Idul Adha Muhammadiyah, NU dan Kemenag dan Idul Adha 2023 jatuh pada tanggal berapa. /PIXABAY/mufidpwt

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari Sidang Isbat Idul Adha 2023 Kemenag kapan dan jam berapa, Idul Adha Muhammadiyah, NU dan Kemenag dan Idul Adha 2023 jatuh pada tanggal berapa.

Ketahui hasil Sidang Isbat Idul Adha 2023 jatuh pada tanggal berapa menurut Kemenag, Muhammadiyah dan NU. Kapan dan jam berapa sidang hari ini?.

Hari Raya Idul Adha 2023, juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, menjadi peristiwa penting yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia.

Peringatan ini bukan sekadar hari libur, melainkan momen menghormati peristiwa Nabi Ibrahim yang rela mengorbankan putranya, Ismail, sebagai bentuk kesetiaan dan penyerahan diri kepada Allah SWT.

Baca Juga: Cek Hasil Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idul Fitri 2023 Kemenag Kesini, Lebaran NU & Muhammadiyah Apa Sama?

Namun, sebelum Nabi Ibrahim berhasil melakukan kurban tersebut, Allah menggantikan Ismail dengan seekor domba.

Dari sini, lahir tradisi penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan umat Islam pada 10 Zulhijah dan tiga hari berikutnya.

Pertanyaan yang muncul adalah kapan tanggal jatuhnya Idul Adha 2023? Untuk memastikannya, ada beberapa pihak yang melakukan perhitungan dan penentuan, seperti Muhammadiyah, Kementerian Agama (Kemenag), dan Nahdlatul Ulama (NU).

Menurut Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah dalam Maklumat Nomor 1/MLM/I.0/E/2023 tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1444 H, awal Zulhijah 1444 H ditetapkan pada Senin, 19 Juni 2023.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x