Cek Hasil Sidang Isbat Penetapan Hari Raya Idul Fitri 2023 Kemenag Kesini, Lebaran NU & Muhammadiyah Apa Sama?

- 20 April 2023, 11:05 WIB
Sidang isbat Lebaran 2023 jam berapa, hasil Sidang Isbat Lebaran 2023 NU, dan kapan hari raya Idul Fitri 2023 menurut Kemenag?.
Sidang isbat Lebaran 2023 jam berapa, hasil Sidang Isbat Lebaran 2023 NU, dan kapan hari raya Idul Fitri 2023 menurut Kemenag?. /Kemenag

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari sidang isbat Lebaran 2023 jam berapa, hasil Sidang Isbat Lebaran 2023 NU, dan kapan hari raya Idul Fitri 2023 menurut Kemenag?.

Yuk cek hasil sidang isbat penetapan hari raya Idul Fitri 2023 Kemenag pada berita ini yang diupdate berkala, Lebaran NU dan Muhammadiyah apakah sama?.

Sidang Isbat Idul Fitri merupakan suatu pertemuan yang diselenggarakan oleh Kemenag untuk menentukan awal bulan Syawal atau 1 Syawal, yang menandai berakhirnya bulan Ramadhan dan dimulainya perayaan Idul Fitri.

Seperti diketahui, sidang ini melibatkan para ulama, ahli hisab rukyat, dan perwakilan dari ormas-ormas Islam untuk menyepakati penetapan awal bulan Syawal berdasarkan metode hisab dan rukyat.

Baca Juga: Lebaran Muhammadiyah dengan NU dan Pemerintah Dipastikan Beda? Ini Jadwal Sidang Isbat Idul Fitri 2023 Kemenag

Tujuan utama dari sidang isbat adalah untuk menetapkan awal bulan Syawal secara sah dan akurat, serta mencapai konsensus di kalangan umat Islam mengenai perayaan Idul Fitri.

Hal ini penting agar umat Islam di seluruh Indonesia dapat merayakan Idul Fitri pada hari yang sama, menciptakan suasana kebersamaan dan kesatuan dalam rangka merayakan kemenangan setelah menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x