1 Ekor Sapi Kurban untuk Berapa Orang, Berapa Iuran Kurban Sapi? Ini Harga Qurban Sapi untuk 7 Orang

- 28 Mei 2023, 17:41 WIB
Info tentang 1 ekor sapi kurban untuk berapa orang, berapa iuran kurban sapi, ini harga qurban sapi untuk 7 orang, jelang Idul Adha 2023.
Info tentang 1 ekor sapi kurban untuk berapa orang, berapa iuran kurban sapi, ini harga qurban sapi untuk 7 orang, jelang Idul Adha 2023. /PIXABAY/Alexas_Fotos

BERITA DIY - Berikut penjelasan soal 1 ekor sapi kurban untuk berapa orang, berapa iuran kurban sapi, ini harga qurban sapi untuk 7 orang.

Idul Adha 2023 jatuh pada tanggal 29 Juni 2023. Jelang peringatan hari kurban, umat Islam yang mampu diwajibkan untuk membeli qurban sapi atau kambing.

Namun, ibadah kurban juga bisa diperuntukkan bagi 7 orang yang iuran. Dilansir dari situs web Muhammadiyah, aturan kurban kolektif adalah sebagai berikut:

 

Dalam kurban, satu ekor kambing untuk satu orang, satu ekor sapi dan kerbau untuk maksimal tujuh orang, dan satu ekor unta untuk maksimal sepuluh orang, dengan melihat kondisi hewan masing-masing.

Selain itu, sistem iuran kurban Idul Adha wajib jelas agar menjadi ibadah qurban sebenarnya. Artinya, tiap Idul Adha harus jelas atau definitif hanya boleh 7 orang urunan satu ekor sapi.

Baca Juga: Contoh Proposal Kegiatan Qurban Idul Adha 2023 Cocok Diajukan di Sekolah dan Masjid, Link Download PDF DI SINI

Atau opsi kedua, 7 orang yang iuran kurban sapi akan secara bergantian selama 7 tahun sebagai shahibul kurban. Artinya, semua anggota urunan menghibahkan urunannya kepada salah satu orang, dan itu dilakukan hingga orang urutan ketujuh selesai melakukan ibadah qurban Idul Adha.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x