Tata Cara dan Batas Waktu Pelaksanaan Penyembelihan Binatang Qurban Hari Raya Idul Adha 2022

- 10 Juli 2022, 06:45 WIB
Rukun, tata cara, dan batas waktu pelaksanaan penyembelihan binatang qurban Hari Raya Idul Adha 2022.
Rukun, tata cara, dan batas waktu pelaksanaan penyembelihan binatang qurban Hari Raya Idul Adha 2022. /PIXABAY/RyanMcGuire

BERITA DIY - Berikut penjelasan mengenai kapan batas waktu pelaksanaan penyembelihan qurban dilaksanakan. Simak selengkapnya hingga tata cara penyembelihan qurban Hari Raya Idul Adha 2022.

Ibadah qurban di Hari Raya Idul Adha 2022 memiliki waktu khusus untuk penyembelihan qurban. Selain itu, harus diperhatikan tata cara penyembelihan binatang qurban yang sesuai dengan syariat Islam.

Adapun waktu untuk penyembelihan hewan qurban sebaiknya dilakukan setelah terlaksananya sholat Idul Adha. Namun waktu penyembelihan binatang qurban masih bisa dilakukan pada hari tasyrik.

Hari tasyrik setelah Idul Adha 2022 dapat dijadikan alternatif waktu penyembelihan hewan qurban. Adapun hari tasyrik masuk pada kalender hijriah tanggal 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Baca Juga: Doa Menyembelih Hewan Kurban dan Cara Pemotongan yang Benar, Kapan Batas Waktu Penyembelihan saat Idul Adha?

Dilansir dari sumbarprov.go.id, terdapat tata cara dan rukun yang harus dipenuhi dan dilakukan ketika penyembelihan hewan. Berikut merupakan rukun dan tata cara menyembelih hewan qurban di Hari Raya Idul Adha 2022:

Rukun menyembelih binatang Qurban

1. Penyembelih beragama Islam

2. Binatang qurban harus terdiri dari binatang yang dinyatakan halal secara syariat dan ditetapkan sebagai hewan qurban pada umumnya.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x