Ini Bacaan Doa Ziarah Kubur dan Tata Caranya Menjelang Puasa Ramadhan 2023

- 17 Maret 2023, 16:15 WIB
Ilustrasi - Simak bacaan doa dan tata cara untuk berziarah ke kuburan keluarga menjelang datangnya puasa Ramadhan 2023, lengkap arab dan latinnya.
Ilustrasi - Simak bacaan doa dan tata cara untuk berziarah ke kuburan keluarga menjelang datangnya puasa Ramadhan 2023, lengkap arab dan latinnya. /UNSPLASH/@utsmanmedia

BERITA DIY - Simak bacaan doa untuk berziarah ke kuburan keluarga menjelang datangnya puasa Ramadhan 1444H/2023.

Sebagai salah satu bentuk ibadah yang hukumnya sunnah, berziarah telah menjadi budaya masyarakat Indonesia yang dilakukan sebelum dan sesudah puasa wajib di bulan Ramadhan.

Ziarah makam atau kuburan merupakan kegiatan berkunjung ke makam orang tua maupun keluarga terdekat untuk mendoakannya di kuburan.

Berdasarkan hukum agama Islam, kegiatan berziarah tidaklah dilarang dengan syarat tidak melanggar hukum Islam yang sudah ada.

Agama Islam melarang keras umatnya untuk menyekutukan Allah SWT, di mana bagi orang yang melanggar akan disebut sebagai orang musyrik.

Baca Juga: Puasa Ramadhan 2023 Berapa Hari Lagi? Ini Tanggal dari Muhammadiyah, NU, dan Jadwal Sidang Isbat Kemenag

Atas dasar tersebut berziarah ke makam atau kuburan keluarga boleh dilakukan apabila ziarah yang dilakukan tidak melanggar aturan berikut ini:

- Menyembah untuk mendapat keberuntungan atau kesaktian.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x