Update BMKG Penyebab Gempa Jember hingga 40 Kali dan Jenis Gempa Bumi Potensi Tsunami

- 7 Desember 2022, 09:20 WIB
Penjelasan BMKG tentang apa penyebab gempa Jember dengan gempa susulan 40 kali dan apa jenis gempa bumi yang landa sejumlah wilayah Jawa Timur tersebut.
Penjelasan BMKG tentang apa penyebab gempa Jember dengan gempa susulan 40 kali dan apa jenis gempa bumi yang landa sejumlah wilayah Jawa Timur tersebut. /Twitter.com/@infoBMKG

 

BERITA DIY - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan apa penyebab gempa Jember capai 40 kali, apa jenis gempa bumi yang landa sejumlah wilayah Jawa Timur tersebut.

Dilansir dari ANTARA, BMKG Karangkates mencatat ada 40 kali gempa susulan setelah gempa Jember Jawa Timur pertama magnitudo 6,2 pada Selasa 6 Desember 2022 jam 13.07 WIB.

Dari 40 gempa susulan yang ada, BMKG Karangkates Malang Jawa Timur mencatat kekuatan terkecil yakni M 2,9 dan terbesar M 5,3 yang terjadi kemarin pada 17.22 WIB.

BMKG Karangkates hingga hari ini, Rabu 7 Desember 2022 terus memantau aktivitas gempa susulan yang terjadi setelah gempoa Jember.

Baca Juga: Update BMKG Gempa Jember Hari Ini 6 Desember 2022 Magnitudo 6,2 Lakukan Hal Ini Saat Gempa Bumi

Apa penyebab gempa Jember?

Daryono, Kepala Bidang Mitigasi gempa Bumi dan Tsunami BMKG dalam akun resmi Twitter-nya, menyebut apa penyebab gempa Jember 6 Desember 2022.

Daryono menyatakan penyebab gempa Jember adalah patahnya lempeng Australia yang mulai menujam ke bawah Jawa Timur.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x