Tata Cara dan Bacaan Niat Salat Gaib untuk Pria, Wanita atau Massal Tulisan Arab, Latin Lengkap Terjemahan

- 25 November 2022, 10:26 WIB
Ilustrasi. Teks bacaan niat salat gaib untuk jenazah pria, wanita, atau massal dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahan serta tata cara pelaksanaan.
Ilustrasi. Teks bacaan niat salat gaib untuk jenazah pria, wanita, atau massal dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahan serta tata cara pelaksanaan. /PEXELS/Tima Miroshnichenko

BERITA DIY - Teks bacaan niat sholat atau salat gaib untuk jenazah pria, wanita, atau massal dengan tulisan Arab, latin, dan terjemahan serta tata cara pelaksanaan salat gaib.

Salat gaib merupakan salat jenazah atau kegiatan seorang muslim untuk mendoakan seseorang yang meninggal dunia dengan cara mensalatkan jenazah tersebut.

Berbeda dengan salat jenazah di mana jasad yang meninggal dunia berada di depan orang yang mensalatkan, jika pada salat gaib jenazah berada di wilayah lain.

Hukum melaksanakan salat gaib sama seperti salat jenazah yaitu fardhu kifayah, dengan niat tergantung pada jenis kelamin dan jumlah jenazah serta mushalli atau status orang yang mensalatkan (imam, makmum, atau salat sendiri).

Baca Juga: Bacaan Dzikir Pagi Pembuka Pintu Rezeki untuk Permudah Segala Urusan dari Segala Penjuru dan Doa Pagi

Dilansir dari pikiran-rakyat.com, berikut kumpulan bacaan niat salat gaib tulisan Arab, latin, dan terjemahannya.

Niat salat gaib jika jenazahnya pria

أُصَلِّي عَلَى مَيِّتِ (فُلَانِ) الْغَائِبِ أَرْبَعَ تَكْبِيرَاتٍ فَرْضَ الْكِفَايَةِ إِمَامًا/مَأْمُومًا لِلّٰهِ تَعَالَى

Ushallî ‘alâ mayyiti (fulân) al-ghâ-ibi arba’a takbîrâtin fardhal kifayâti imâman/ma’mûman lillâhi ta’âlâ.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x