Apa Itu Overwhelmed? Berikut Penyebab Kamu Mengalami Ganguan Psikologi Ini dan Cara Mengatasinya

- 16 November 2022, 17:10 WIB
Ilustrasi - Berikut penjelasan mengenai apa itu Overwhelmed lengkap dengan penyebab, tanda-tanda dan cara mengatasinya.
Ilustrasi - Berikut penjelasan mengenai apa itu Overwhelmed lengkap dengan penyebab, tanda-tanda dan cara mengatasinya. /UNSPLASH/@lycan

BERITA DIY - Sering merasa kewalahan atau kesulitan mengontrol emosional dalam keadaan tertentu hingga tidak mampu berfikir rasional? Kenali apa itu overwhelmed lengkap dengan penyebab dan cara mengatasinya pada artikel ini.

Baru-baru ini istilah overwhelmed kembali ramai diperbicarakan. Namun belum banyak yang mengetahui apa arti sebenarnya dari overwhelmed itu.

Untuk diketahui, overwhelmed merupakan salah satu gangguan psikologi dimana penderitanya memiliki perasaan yang larut dalam emosi dirinya sehingga kesulitan untuk mengelola emosinya dan berfikir secara rasional.

Pada kondisi ini, penderita merasa bingung tentang apa yang harus dilakukan, memiliki ketakutan, hingga merasa kewalahan atas apa yang dialami.

Baca Juga: Tips dan Cara Belajar Efektif dan Efesien Menurut Psikologi, Nomor 4 Sering Dilupakan!

Biasanya perasaan ini muncul saat seseorang sedang menghadapi sebuah masalah besar dimana membuatnya merasa down atau putus asa.

Selain itu, penyebab lainya juga bisa terjadi karena sejumlah faktor seperti pengalaman di masa lalu atau traumatis, kekhawatiran akan masa depan, stress karena pekerjaan, pandemi global, masalah percintaan dan masih banyak lagi.

Untuk diketahui, setiap individu memiliki ambang stres yang berbeda dimana akan berbeda juga penyebab seseorang mengalami overwhelmed.

Dilansir dari mentalhealthfirstaid.org, berikut sejumlah cara mengatasi overwhelmed.

Halaman:

Editor: Arfrian Rahmanta


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x