Perjuangan Rasuna Said, Organisasi yang Diikuti dan Kiprah dalam Dunia Perempuan Hingga Jadi Pahlawan Nasional

- 14 September 2022, 15:00 WIB
Informasi perjuangan Rasuna Said organisasi pahlawan nasional gambar di Google Doodle hari ini.
Informasi perjuangan Rasuna Said organisasi pahlawan nasional gambar di Google Doodle hari ini. /budaya.jogjaprov.go.id

BERITA DIY - Inilah perjuangan Rasuna Said seorang pahlawan nasional yang muncul di Google Doodle lengkap dengan berbagai organisasi lengkap dengan kiprah dalam dunia perempuan.

Belakangan ini Rasuna Said banyak menjadi perbincangan oleh netizen, hal ini karena munculnya sosok dirinya yang menjadi gambar utama dalam layanan halaman Google Doodle.

Sosok Rasuna Said tersebut muncul di Google Doodle pada Rabu 14 September 2022 hari ini dan muncul dengan adanya gambar dirinya sedang bernyanyi di hadapan orang-orang.

Kemunculan Rasuna Said di Google Doodle sendiri disebabkan mengenai bahwa hari ini bertepatan dengan tanggal ulang tahun dirinya. Seperti diketahui dirinya lahir pada 14 September 1910.

Baca Juga: Siapakah Rasuna Said? Pahlawan Nasional Muncul di Google Doodle Hari Ini: Simak Profil dan Biodata Lengkap

Perjalanan atau perjuangan Rasuna Said memang diketahui cukup panjang dengan berbagai organisasi yang ia ikuti, dirinya buat, dan juga banyak berkiprah dalam dunia perempuan nasional.

Kisah perjuangan yang dilakukan oleh Rasuna Said diketahui dimulai oleh dirinya ketika bergabung dengan organisasi perjuangan yaitu Sarekat Islam hingga dirinya menjabat sebagai Sekretaris Cabang pada tahun 1926.

Kemudian kisah perjuangan Rasuna Said berlanjut pada tahun 1930 ketika dirinya diketahui bergabung dengan organisasi Persatuan Muslim Indonesia atau yang disingkat dengan Permi.

Salah satu momentum dimana Rasuna Said kemudian dikenal adalah saat dirinya menyampaikan pidato pada rapat umum Permi yaitu dengan judul "Langkah-Langkah Menuju Kemerdekaan Rakyat Indonesia".

Baca Juga: Cek Biografi Rasuna Said Adalah Siapa yang Jadi Ikon Google Doodle Hari Ini, 14 September 2022

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x