Harga Pertalite Terbaru Agustus 2022 di Seluruh Provinsi di Indonesia Setelah Diisukan akan Naik

- 19 Agustus 2022, 14:53 WIB
Ilustrasi harga BBM subsidi pertamina hari ini terbaru bulan Agustus 2022 di seluruh Provinsi.
Ilustrasi harga BBM subsidi pertamina hari ini terbaru bulan Agustus 2022 di seluruh Provinsi. /Tangkap layar instagram.com/@pertamina

BERITA DIY - Update harga Pertalite terbaru Agustus 2022 setelah ramai diberitakan akan segera naik harganya. Cek harga terbaru Pertalite resmi dari Pertamina di sini.

Beredar informasi bahwa pemerintah akan segera menaikan harga Pertalite. Isu kenaikan harga bahan bakar minyak BBM bersubsidi jenis Pertalite ini dikaitkan dengan isu kuota subsidi migas yang kian menipis dan demi menjaga kestabilan keuangan negara.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral ESDM Arifin Tasrif mengaku masih mendiskusikan terkait kenaikan harga BBM.

“Harga Pertalite lagi dibahas masih dikoordinasikan dengan Bapak Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian” kata Arifin Tasrif dikutip Berita DIY dari Antara pada Selasa, 16 Agustus 2022.

Baca Juga: Pemerintah Harus Antisipasi Dampak Buruk jika Naikkan Harga BBM agar Tidak Inflasi dan Rakyat Menderita

Dalam praktiknya, pemerintah harus mengubah Peraturan Presiden terlebih dahulu. Kemudian baru keputusan terkait perubahan harga BBM dapat resmi terbit.

Lebih lanjut, Arifin mengatakan pemerintah akan menyosialisasikan terlebih dahulu kepada masyarakat mengenai informasi kenaikan harga BBM agar tidak terjadi kepanikan. 

Sampai dengan Juli 2022, Pertamina melaporkan konsumsi Pertalite bersubsidi telah tembus mencapai 16,8 juta kiloliter atau setara dengan 73,04 persen dari total kuota BBM bersubsidi yang telah ditetapkan yakni sebesar 23 juta kiloliter. 

Angka konsumsi yang tinggi membuat sisa kuota hanya tinggal sebesar 6,2 juta kiloliter saja. Bila kuota tersebut ditambah, maka beban APBN untuk subsidi dapat membengkak mencapai Rp600 triliun.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x