Apa Itu Malam Tirakatan 17 Agustus Beserta Doa yang Dibaca pada Tradisi Jelang Peringatan HUT Kemerdekaan RI

- 15 Agustus 2022, 13:24 WIB
Ilustrasi - Pejelasan mengenai apa itu malam tirakatan 17 Agustus beserta doa yang dibaca pada tradisi jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI.
Ilustrasi - Pejelasan mengenai apa itu malam tirakatan 17 Agustus beserta doa yang dibaca pada tradisi jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI. /UNSPLASH/@nickgunner

BERITA DIY - Berikut penjelasan apa itu malam tirakatan 17 Agustus beserta doa yang dibaca pada tradisi jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI tersebut.

Sebagimana diketahui, malam tirakatan 17 Agustus merupakan tradisi rutin yang dilakukan oleh masyarakat di Indonesia terutama wilayah Jawa jelang peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Acara malam tirakatan 17 Agustus biasanya digelar oleh masyarakat di daerah perkotaan maupun pedesaan pada tanggal 16 Agustus.

Lalu apa sih malam tirakatan 17 Agustus yang kerap kali diperingati oleh masyarakat jelang HUT Kemerdekaan RI?

Baca Juga: Contoh Surat Undangan Tirakatan HUT RI ke 77 untuk Warga Jelang Peringatan Kemerdekaan 17 Agustus 2022

Dilansir dari laman UGM (Universitas Gajah Mada), malam tirakatan 17 Agustus yang dilakukan sebelum HUT Kemerdekaan RI diyakini sudah menjadi tradisi masyarakat Jawa.

Perilaku tirakat di gunakan oleh orang Jawa sebagai upaya untuk menenangkan diri dan sebagai sarana mendekatkan diri kepada Tuhan.

Pelaksanaan malam tirakatan 17 Agustus umumnya dilakukan dengan membaca doa hingga pemotongan nasi tumpeng.

Meski acara malam tirakatan 17 Agustus di satu daerah dengan daerah lain bisa berbeda, tradisi ini memiliki makna ungkapan rasa syukur atas kemerdekaan Indonesia.

Halaman:

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x