Puasa Asyura 2022 Tanggal Berapa? Ini Keutamaan, Niat Puasa Asyura Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

- 6 Agustus 2022, 14:20 WIB
Ilustrasi puasa Asyura 2022 tanggal berapa? Ini keutamaan lengkap dengan niat puasa asyura teks Arab, latin, dan artinya Indonesia.
Ilustrasi puasa Asyura 2022 tanggal berapa? Ini keutamaan lengkap dengan niat puasa asyura teks Arab, latin, dan artinya Indonesia. / PIXABAY/pictavio

BERITA DIY - Simak informasi puasa asyura 2022 dilaksanakan tanggal berapa Agustus, ini keutamaan, bacaan niat puasa asyura lengkap teks Arab, latin, dan artinya Indonesia.

Ada banyak pertanyaan yang muncul tentang puasa Asyura seperti berapa hari pelaksanaan puasa Asyura, kapan waktu pelaksanaan, dan apa saja keutamaan puasa Asyura pada bulan Muharram.

Dalam ajaran Islam ada dua jenis puasa yaitu puasa sunah dan puasa wajib. Puasa wajib hanya dilakukan pada bulan Ramadhan sedangkan puasa sunah ada banyak macamnya.

Diantara jenis puasa sunah yaitu puasa Asyura yang dilakukan pada bulan Muharram, puasa Senin Kamis, dan puasa Daud.

Baca Juga: Amalan Bulan Muharram Sesuai Sunnah Rasulullah SAW: Puasa Asyura 10 Muharram 2022 Tanggal Berapa?

Muharram adalah salah satu bulan yang terdapat pada kalender Islam atau kalender Hijriah. Muharram disebut sebagai salah satu bulan yang mulia.

Pada bulan ini dianjurkan melakukan berbagai ibadah dan kegiatan positif seperti menyantuni anak yatim, melakukan ibadah puasa sunah seperti puasa Tasu'a dan puasa Asyura.

Dikutip dari Jatim NU, Keistimewaan atau keutamaan melaksanakan puasa di bulan Muharram seperti puasa Asyura dijelaskan dalam salah stau hadi Nabi Muhammad SAW.

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x