Puasa Asyura dan Tasua 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Bacaan Niat Puasa Sunnah Muharram

- 5 Agustus 2022, 13:37 WIB
Puasa Asyura dan Tasua 2022 jatuh pada tanggal berapa? lengkap dengan jadwal dan bacaan niat puasa sunnah di bulan Muharram.
Puasa Asyura dan Tasua 2022 jatuh pada tanggal berapa? lengkap dengan jadwal dan bacaan niat puasa sunnah di bulan Muharram. /PIXABAY/@Javad_esmaeili

BERITA DIY - Puasa Asyura dan Tasua 2022 jatuh pada tanggal berapa? Simak jadwal dan bacaan niat puasa sunnah di bulan Muharram.

Saat ini umat islam sudah memasuki bulan Muharram, yang termasuk salah satu bulan yang Agung setelah bulan Ramadhan di kalender hijriyah.

Dilansir Berita DIY dari laman resmi NU Jatim, dari Abu Hurairah ra, Nabi Muhammad SAW menjelaskan keutamaan bulan Muharram sesuai hadist berikut ini:

أَفْضَلُ الصِّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللَّهِ الْمُحَرَّمُ وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ

Artinya: Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam. (HR. Muslim no. 1163).

Baca Juga: Puasa Tasua dan Asyura Dikerjakan Kapan? Ini Puasa Sunnah di Bulan Muharram 1444 H Lengkap Waktu dan Doa Niat

Salah satu amalan sunnah yang biasanya dilakukan oleh umat islam di bulan Muharram adalah memperbanyak puasa sunnah, termasuk puasa yaumul bidh, Asyura, dan Tasua.

Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah Muhammad SAW sebagai berikut:

أَفْضَلُ الصَّيَامِ بَعْدَ رَمَضَانَ شَهْرُ اللهِ الْمُحَرَّمُ، وَأَفْضَلُ الصَّلاَةِ بَعْدَ الْفَرِيضَةِ صَلاَةُ اللَّيْلِ (رواه مسلم)

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x