Kapan Puasa Asyura Dilaksanakan Tanggal Berapa? Simak Bacaan Niat Lengkap dengan Arti Bahasa Indonesia

- 5 Agustus 2022, 14:00 WIB
 Ilustrasi - Simak bacaan niat Puasa Asyura 10 Muharram tanggal berapa.
Ilustrasi - Simak bacaan niat Puasa Asyura 10 Muharram tanggal berapa. /PEXELS/khats cassim

BERITA DIY - Simak kapan jadwal Puasa Asyura lengkap dengan lafal bacaan niat Puasa secara lengkap Bahasa Arab, Latin, dan juga arti yang dapat diketahui dalam Bahasa Indonesia.

Salah satu amalan atau ibadah yang dapat dilaksanakan dalam bulan Muharram kali ini adalah dengan menjalankan ibadah Puasa Asyura seperti yang telah dianjurkan.

Ibadah atau amalan Puasa Asyura ini sendiri diketahui memiliki hukum yaitu Sunnah bagi umat Islam yang nantinya akan menjalankan sesuai dengan jadwal atau waktu yang dilakukan.

Pasalnya ibadah Puasa Asyura memiliki waktu atau jadwal dalam melaksanakannya pada bulan Muharram yang baru dimasuki dalam penanggalan Hijriyah kali ini.

Baca Juga: Puasa Tasua dan Asyura Dikerjakan Kapan? Ini Puasa Sunnah di Bulan Muharram 1444 H Lengkap Waktu dan Doa Niat

Amalan atau ibadah Puasa Asyura memiliki waktu atau jadwal pelaksanaannya yaitu seperti yang dianjurkan dilaksanakan pada tanggal 10 Muharram jika dihitung dalam penanggalan Hijriyah.

Mengenai kapan jadwal Puasa Asyura pada 10 Muharram 1444 Hijriyah, maka diketahui bahwa dalam penanggalan masehi tahun 2022 ini, Puasa tersebut dapat dilaksanakan pada 8 Agustus 2022 mendatang.

Terkait dengan tata cara ibadah Puasa Asyura yang dapat dilaksanakan nantinya, memiliki tata cara yang sama seperti dengan ibadah Puasa yang juga dianjurkan yang lainnya.

Ibadah Puasa Asyura ini nantinya dapat diawali dengan melafalkan bacaan niat terlebih dahulu, menyantap hidangan sahur, menahan hawa nafsu sepanjang hari, dan diakhiri dengan menyantap buka puasa.

Baca Juga: Syekh Ali Jaber Jelaskan Fadilah Berpuasa di 10 Muharram Hari Asyura, Salah Satu Puasa Sunnah yang Dianjurkan

Halaman:

Editor: Muhammad Naufal Alyaa


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x