Keutamaan Puasa Asyura Tanggal 10 Muharram Beserta Bacaan Niat dalam Arab, Latin dan Arti Indonesia

- 2 Agustus 2022, 18:45 WIB
 Ilustrasi - Keutaman puasa Asyura tanggal 10 Muharram beserta bacaan niat dalam Arab, latin dan arti Indonesia.
Ilustrasi - Keutaman puasa Asyura tanggal 10 Muharram beserta bacaan niat dalam Arab, latin dan arti Indonesia. /PEXELS/khats cassim

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai keutaman puasa Asyura tanggal 10 Muharram beserta bacaan niat dalam Arab, latin dan arti Indonesia.

Ketika memasuki bulan Muharram, umat Islam disunnahkan untuk berpuasa pada hari-hari tertentu. Salah satunya adalah puasa Asyura setiap tanggal 10 bulan Muharram.

Bulan Muharram juga dianggap sebagai salah satu bulan mulia. Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam Q.S. At-Taubah ayat 36,

إِنَّ عِدَّةَ ٱلشُّهُورِ عِندَ ٱللَّهِ ٱثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِى كِتَٰبِ ٱللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضَ مِنْهَآ أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ۚ ذَٰلِكَ ٱلدِّينُ ٱلْقَيِّمُ ۚ فَلَا تَظْلِمُوا۟ فِيهِنَّ أَنفُسَكُمْ ۚ وَقَٰتِلُوا۟ ٱلْمُشْرِكِينَ كَآفَّةً كَمَا يُقَٰتِلُونَكُمْ كَآفَّةً ۚ وَٱعْلَمُوٓا۟ أَنَّ ٱللَّهَ مَعَ ٱلْمُتَّقِينَ

Baca Juga: Kapan Puasa Asyura 2022 Tanggal 10 Muharram? Ini Niat Asyura Lengkap Arab, Latin dan Artinya Indonesia

Artinya:"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram".

"Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya, dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."

Pada tahun 2022, jadwal puasa Asyura jatuh pada hari Senin, 8 Agustus berdasarkan kalender nasional.

Dalam menunaikan puasa Asyura 10 Muharram sendiri, ada beberapa keutamaan yang bisa diperoleh umat muslim. Berikut keutamaan puasa Asyura seperti dikutip dari laman Pondok Pesantren Lirboyo.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x