Bacaan Doa Ketika Alami Mimpi Buruk: Arab, Latin, dan Terjemahan Bahasa Indonesia Lengkap dengan Adabnya

- 1 Agustus 2022, 21:10 WIB
Ilustrasi Berdoa - Bacaan doa ketika alami mimpi buruk dalam Arab, latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia lengkap dengan adabnya.
Ilustrasi Berdoa - Bacaan doa ketika alami mimpi buruk dalam Arab, latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia lengkap dengan adabnya. /Freepik/jcomp
BERITA DIY - Berikut bacaan doa ketika alami mimpi buruk dalam Arab, latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia.
 
Mimpi buruk ialah sesuatu yang wajar dialami oleh setiap orang. Dalam Islam, seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa ketika mengalami mimpi buruk.
 
Mengalami mimpi buruk bisa terjadi karena beragam hal seperti sugesti, kelelahan dan sebagainya.
 
Berdoa akan membuat seseorang terjaga karena doa merupakan bentuk memohon perlindungan dan penjagaan dari Allah SWT.
 
 
Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits riwayat Imam Bukhaari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda:

"Jika ada di antara kalian yang melihat mimpi yang disukainya, ini dari Allah, jadi biarkan dia memuji Allah untuk itu dan membicarakannya kepada orang lain. Jika dia melihat selain itu, mimpi yang dia tidak suka, ini dari setan, jadi biarkan dia berlindung kepada Allah dari kejahatannya dan jangan menyebutkannya kepada siapa pun, karena itu tidak akan merugikannya."
 
 
Saat mengalami mimpi buruk, seseorang disunnahkan untuk melakukan beberapa adab sebagaimana diajarkan Rasulullah SAW, seperti:
 
1. Meludah ke kiri sebanyak tiga kali
 
Hal ini sebagaimana diriwayatkan dalam sebuah hadits,
 
"Apabila salah seorang kamu bermimpi dengan mimpi yang tidak disenanginya, maka hendaklah ia meludah ke kiri tiga kali, berlindunglah kepada Allah dari gangguan setan tiga kali..." - (HR. Muslim)
 
2. Tidak menceritakannya pada orang lain
 
"Siapa yang bermimpi yang tidak disukainya, hendaklah meminta perlindungan kepada Allah dari kejahatannya dan dari kejahatan setan, dan hendaklah meludah tiga kali dan jangan menceritakannya kepada seorang pun, niscaya mimpi itu tidak membahayakannya." - (HR. Al Bukhari).
 
 
Lebih lanjut, dikutip dari laman Bimas Islam Kemenag, berikut doa ketika mengalami mimpi buruk lengkap dengan tulisan Arab, latin, dan artinya:

Doa ketika Mengalami Mimpi Buruk

اَعُوْذُ بِمَا عَاذَتْ بِهِ مَلاَئِكَةُ اللهِ وَرَسُوْلُهُ مِنْ شَرِّ مَا رَأَيْتُ فِيْ مَنَامِيْ اَنْ يُصِيْبَنِيْ مِنْهُ شَيْئٌ اَكْرَهُهُ فِي الدُّنْيَا وَاْلاَخِرَةِ

A‘ūdzu bimā ‘ādzat bihī malā-ikatullāhi wa rasūluhū min syarri mā ro-aitu fī manāmī an yushībanī minhu syai-un akrahuhū fiddunyā wal ākhirah.

Artinya: Aku berlindung dengan sesuatu yang dengannya para malaikat Allah dan rasul-Nya berlindung dari keburukan mimpiku agar tidak menimpa pada diriku hal yang telihat dalam mimpiku berupa keburukan, baik di dunia maupun di akhirat.
 
Demikian informasi mengenai bacaan doa ketika alami mimpi buruk dalam Arab, latin, dan terjemahan Bahasa Indonesia.***

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x