Bagaimana Cara Menebus Dosa terhadap Orang yang sudah Meninggal? Ustadz Adi Hidayat Menjelaskan Perkara Ini

- 28 Juli 2022, 11:49 WIB
Ustadz Adi Hidayat jelaskan cara menebus dosa yang dilakukan seseorang kepada orang yang telah meninggal dunia, ini jawaban terkait permasalahan tersebut.
Ustadz Adi Hidayat jelaskan cara menebus dosa yang dilakukan seseorang kepada orang yang telah meninggal dunia, ini jawaban terkait permasalahan tersebut. /Tangkap layar Youtube Adi Hidayat Official

BERITA DIY - Ustadz Adi Hidayat menjawab pertanyaan bagaimana cara menebus dosa dosa terhadap orang yang telah meninggal dunia.

Dalam ceramahnya, Ustadz Adi Hidayat jelaskan apa saja yang dapat dilakukan seorang muslim apabila memiliki dosa kepada orang yang sudah meninggal.

Berbagai dosa yang dilakukan manusia terhadap manusia lainnya seperti ghibah dan dusta pasti pernah dilakukan ketika hidup di dunia.

Permasalahannya yaitu bagaimana jadinya jika kita belum sempat meminta maaf kepada orang tersebut, namun telah meninggal dunia.

Baca Juga: Kurangi Makan Buah Ini Bisa Melemahkan Ikatan Hafalan Alquran, Simak Alasannya dari Ustadz Adi Hidayat

Lalu apa yang dapat dilakukan agar dosa tersebut dapat terhapuskan?

Dikutip dari kanal YouTube Adi Hidayat Official pada 14 Mei 2022, berikut penjelasan terkait cara menebus dosa terhadap orang yang sudah meninggal.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, pertama yang harus dilakukan yaitu memohon ampun kepada Allah atas segala dosa yang telah ia perbuat.

"Pertama, bergegas untuk beristighfar kepada Allah SWT," jelas Ustadz Adi Hidayat.

"Karena pada akhirnya hakim yang tertinggi, yang akan mengadili kita semua dalam berkehidupan adalah Allah SWT," lanjutnya.

Baca Juga: Cara Ampuh Terbebas dari Hutang dan Masalah Hidup, Cukup Amalkan Doa Ini Setiap Hari Kata Ustdaz Adi Hidayat

Dengan berniat memohon ampunan Allah SWT dan mengoreksi diri agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

"Kebeningan kita kembali kepada Allah, beristighfar, mengoreksi diri, boleh jadi itu yang sampai niatnya kepada Allah," jelas Ustadz Adi Hidayat.

"Dengan itu muncul peluang diampuni dosa-dosa kita oleh Allah SWT," ucap Ustadz Adi Hidayat.

Dalam Surah Ali Imran ayat 133, menjelaskan pentingnya bergegas dalam mengoreksi diri, introspeksi diri, dan mohon ampunan kepada Allah  SWT.

Baca Juga: Haram Pakai Pakaian Ini Ketika Sholat Tahajud, Ustadz Adi Hidayat Menjelaskan, Doa Pasti Tidak Terkabul?

Adapun Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa orang yang memaafkan dan berusaha untuk meminta maaf merupakan sifat yang tinggi dihadapan Allah SWT.

"Sifat memaafkan dan berusaha untuk meminta maaf itu tinggi sekali dihadapan Allah SWT," jelasnya.

Selain itu, Ustadz Adi Hidayat memberi penjelasan untuk mengunjungi ahli waris orang tersebut untuk membangun tali silaturahim.

"Kalau ada ahli warisnya, kunjungi. Kemudian bangun silaturahim," jelas Ustadz Adi Hidayat.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x