Lebih Baik Mana Sholat di Masjid Jauh tapi Ramai atau yang Dekat tapi Sepi? Ustadz Adi Hidayat Menjelaskan Ini

- 26 Juli 2022, 10:25 WIB
Penjelasan Ustadz Adi Hidayat tentang perkara keutamaan dalam memilih sholat di masjid jauh tapi ramai atau masjid dekat tapi sepi.
Penjelasan Ustadz Adi Hidayat tentang perkara keutamaan dalam memilih sholat di masjid jauh tapi ramai atau masjid dekat tapi sepi. /Tangkap layar YouTube Ustadz Adi Hidayat

BERITA DIY - Ustadz Adi Hidayat jelaskan keutamaan memilih tempat sholat apakah di masjid yang jauh tapi ramai atau masjid terdekat namun sepi jamaah.

Terkait masalah ini, Ustadz Adi Hidayat memberi dua hal ini agar menjadi bahan pertimbangan dalam memilih mana yang lebih baik.

Dalam ajaran Islam, sholat secara berjamaah lebih dianjurkan sebab lebih banyak mendapatkan pahala jika dibandingkan dengan sholat sendirian.

Namun, lebih baik mana mendirikan sholat di masjid yang jauh dengan jamaah yang banyak atau di masjid terdekat tapi sepi untuk memakmurkannya.

Baca Juga: 2 Benda Ini Jadi Penghalang Masuk Rezeki, Buang Jika Ada di Rumah Kata Ustadz Adi Hidayat

Dikutip dari kanal YouTube Adi Hidayat Official pada 7 Juni 2022, berikut penjelasan lebih baik sholat di masjid jauh yang ramai atau yang terdekat tapi sepi.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan bahwa dapat disebut jamaah apabila terdapat minimal dua orang atau lebih.

"Disebut jamaah, batas minimalnya dua orang," jelas Ustadz Adi Hidayat.

"Jadi disebut jamaah itu, Anda jangan melihat berapa jumlah shafnya. Disebut jamaah itu ketika jumlah minimal dua orang," lanjutnya.

Baca Juga: Dahsyatnya Amalan Satu Ini Bikin Rezeki Ngalir Terus, Kata Ustadz Adi Hidayat: Bahagia Dunia dan Akhirat

Adapun cara memilih mana yang lebih diutamakan, Ustadz Adi Hidayat memberikan dua hal ini agar menjadi bahan pertimbangan.

"Maka ditimbang di sini namanya fiqih aulawiyah, mana yang paling banyak maslahat (kebaikan) dan fadilah (keutamaannya) itu yang diutamakan," jelasnya.

Menurut Ustadz Adi Hidayat, dalam konteks untuk memakmurkan masjid terdekat sesuai dengan fungsinya sebagai tempat sholat itu lebih utama.

Sebab apabila memilih masjid jauh, ditakutkan masjid tersebut akan kosong dan tidak ada jamaah yang mendirikan sholat.

Baca Juga: Hukum Menunaikan Sholat Jumat Ketika Hari Raya Idul Fitri, Begini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan sifat masjid yang paling pokok yaitu untuk menghimpun sholat berjamaah.

Adapun sifat lain dari masjid yaitu untuk digunakan menjadi pusat-pusat ibadah sosial, kajian, dan kegiatan bermanfaat lainnya.

Itulah penjelasan Ustadz Adi Hidayat dalam memilih sholat di masjid jauh tapi ramai atau masjid dekat tapi sepi.***

Editor: Bagus Aryo Wicaksono


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x