Ini Dia 4 Tersangka Dana ACT, Berikut Profil Eks Presiden Ahyudin hingga Dana Boeing Lari ke Koperasi 212

- 26 Juli 2022, 16:35 WIB
Tersangka dana ACT, profil Presiden ACT Ahyudin, Insan Nurrohman ACT, ACT afiliasi partai dan struktur lembaga kemanusiaan kepenguruan ACT.
Tersangka dana ACT, profil Presiden ACT Ahyudin, Insan Nurrohman ACT, ACT afiliasi partai dan struktur lembaga kemanusiaan kepenguruan ACT. /M RISYAL HIDAYAT/ANTARA FOTO

BERITA DIY - Saat ini banyak yang cari tersangka dana ACT, profil Presiden ACT Ahyudin, Insan Nurrohman ACT, ACT afiliasi partai dan struktur lembaga kemanusiaan kepenguruan ACT.

Simak siapa saja 4 tersangka dana ACT, berikut ini profil eks Presiden Ahyudin hingga penyelewengan dana Boeing lari ke Koperasi 212.

Seperti diketahui, Bareskrim Polri sudah menetapkan 4 pengurus Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai tersangka tindak pidana dugaan penggelapan dana donasi umat dan dana CSR Boeing untuk ahli waris korban kecelakaan Pesawat Lion Air JT-610.

Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri, Kombes Pol. Helfi Assegaf menjelaskan total dana yang diterima ACT dari Boeing kurang lebih Rp138 miliar, kemudian digunakan untuk program yang telah dibuat kurang lebih Rp103 miliar, sisanya Rp34 miliar digunakan tidak sesuai peruntukannya.

Baca Juga: ACT Singkatan dari Apa? Yayasan Bidang Sosial dan Kemanusiaan yang Ramai Dana Bantuan Umat Apa Diselewengkan?

“Yang digunakan tidak sesuai peruntukannya adalah pengadaan armada truk, kurang lebih Rp2 miliar, program 'big food bus' Rp2,8 miliar, pembangunan Pesantren Peradaban Tasikmalaya Rp8,7 miliar,” kata Helfie dikutip dari Antara, Selasa 26 Juli 2022.

Peruntukan lainnya yang tidak sesuai, yakni untuk Koperasi Syariah 212 kurang lebih Rp10 miliar, dana talangan CV CUN Rp3 miliar, dan dana talangan PT MBGS Rp7,8 miliar sehingga totalnya Rp 34,6 miliar (pembulatan dari Rp34.573.069.200).

Selain itu, kata Helfie, para pengurus menyalahgunakan dana Boeing untuk gaji para pengurus.

“Sekarang sedang dilakukan rekapitulasi dan menjadi tindak lanjut kami yang disampaikan, yaitu akan dilakukan audit soal ini,” kata Helfie.

Halaman:

Editor: MR Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x