Bacaan Surat Yasin Ayat 1-83 dalam Arab, Latin, dan Terjamahan Beserta Keutamaan Dibaca di Malam Jumat

- 21 Juli 2022, 18:15 WIB
 Ilustrasi - Bacaan surat Yasin ayat 1-83 dalam Arab, latin, dan terjamahan Indonesia lengkap beserta keutamaan dibaca di malam Jumat.
Ilustrasi - Bacaan surat Yasin ayat 1-83 dalam Arab, latin, dan terjamahan Indonesia lengkap beserta keutamaan dibaca di malam Jumat. /PIXABAY/@Pexels

BERITA DIY - Berikut ini adalah bacaan surat Yasin ayat 1-83 dalam Arab, latin, dan terjamahan Indonesia beserta keutamaan dibaca di malam Jumat.

Membaca Surat Yasin biasanya dilakukan sebagian masyarakat Muslim di Indonesia baik ketika ziarah kubur, tiap malam Jumat atau ketika ada orang meninggal dunia.

Surat Yasin tergolong ke dalam surat-surat Makkiyah. Surat ke-38 ini memiliki 83 ayat. Pada ayat pertama surat di wali dengan bacaan Yaa Sin.

من قرأ سورة يس والصافات ليلة الجمعة أعطاه الله سؤله

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Baca Juga: Teks Surat Yasin Lengkap 83 Ayat PDF Dilengkapi Bacaan Tahlil dan Doa Arwah NU untuk Yasinan dan Tahlilan

Surat ini bahkan disebut sebagai jantung dari Alquran, kitab suci yang turun kepada Nabi Muhammad SAW. Diriwayatkan dari Anas bin Malik RA, sesungguhnya Nabi Muhammad SAW bersabda:

عن أنس بن مالك -رضي الله عنه- أن النبيّ -عليه الصلاة والسلام- قال: إنَّ لِكُلِّ شيءٍ قَلبًا وقلبُ القرآنِ يَس

“Jantung Alquran itu ialah surat Yasin. Tidaklah dibaca akan dia oleh seseorang yang menghendaki keridhaan Allah dan keselamatan di hari akhirat, melainkan Allah mengampuni akan dosanya.” (HR Abu Dawud).

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x