Bacaan Tahlil NU Lengkap: Arab, Latin, dan Doa Arwah Setelah Surat Yasin 83 Ayat saat Tahlilan dan Yasinan

- 21 Juli 2022, 15:10 WIB
Bacaan tahlil NU lengkap dalam bahasa Arab tulisan latin dan doa arwah yang dibaca setelah Surat Yasin 83 ayat saat tahlilan dan yasinan.
Bacaan tahlil NU lengkap dalam bahasa Arab tulisan latin dan doa arwah yang dibaca setelah Surat Yasin 83 ayat saat tahlilan dan yasinan. /Unsplash.com/Masjid Pogung Dalangan

BERITA DIY - Bacaan tahlil NU lengkap dalam bahasa Arab tulisan latin dan doa arwah yang bisa dibaca setelah Surat Yasin 83 ayat saat tahlilan dan yasinan tersedia di sini.

Salah satu tradisi masyarakat Nahdlatul Ulama atau NU pada malam Jumat atau yasinan dan tahlilan adalah membaca bacaan tahlil beserta doa arwah dan Surat Yasin 83 ayat.

Doa arwah yang dimaksud adalah doa yang dibaca setelah melantunkan tahlil. Doa ini biasanya dilantunkan oleh seorang pemimpin, kemudian jamaahnya mengaminkan.

Di bawah ini tersedia bacaan tahlil NU lengkap bahasa Arab dalam tulisan latin beserta doa arwah atau doa penutup yang biasanya dibaca setelah Surat Yasin 83 ayat saat tahlilan dan yasinan.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Lengkap 83 Ayat Bahasa Arab, Latin, dan Artinya Bahasa Indonesia dan Keutamannya

Bacaan tahlil NU ini biasanya terdiri atas beberapa dzikir kalimat toyyibah dan ayat suci Al-Qur'an pilihan yang memiliki makna dan kandungan yang sangat dalam.

Beberapa ayat suci Al-Qur'an yang biasanya dibaca saat tahlil di tahlilan dan yasinan ini di antaranya adalah Al Fatihah, Al Ikhlas 1-4, Al Falaq 1-5, An Nas 1-6, Al Baqoroh 1-5, 163, 255, 284-286, hingga Al Ahzab ayat 56.

Tahlilan dan yasinan sendiri umumnya diisi dengan pembacaan dzikir untuk meningkatkan kualitas iman seseorang dan membuat seorang hamba lebih dekat kepada Allah SWT.

Sedangkan doa arwah dilantunkan untuk mendoakan ruh orang-orang yang sudah terlebih dahulu meninggal dunia.

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x