Bahaya Ikan Arapaima yang Ditemukan Usai Banjir di Garut Bagi Ekosistem di Indonesia, Ikan Apa Itu?

- 18 Juli 2022, 15:35 WIB
Bahaya ikan Arapaima yang ditemukan setelah banjir Garut, Jawa Barat, bagi ekosistem di Indonesia, ikan apakah tersebut? Ini penjelasannya.
Bahaya ikan Arapaima yang ditemukan setelah banjir Garut, Jawa Barat, bagi ekosistem di Indonesia, ikan apakah tersebut? Ini penjelasannya. /PEXELS/Egor Kamelev

BERITA DIY – Beberapa hari ini, beredar video yang memperlihatkan ikan Arapaima dengan ukuran cukup besar usai banjir daerah Garut pada hari Jumat, 15 Juli 2022.

Salah satu akun yang mengunggah penemuan ikan Arapaima adalah @infojawabarat. Dalam video tersebut tampak dua ekor ikan dengan ukuran cukup besar dalam keadaan sudah mati. Ikan Arapaima tersebut ditemukan warga dan kemudian viral di media sosial.

Lantas apa itu ikan Arapaima yang ditemukan usai bajir di Garut, Jawa Barat?

Dikutip BERITA DIY dari laman britannica.com menjalaskan bahwa, ikan Arapaima juga biasa dikenal sebagai pirarucu atau paiche sebagai spesies dari genus Arapaima. Ikan ini berasal dari Sungai Amazon, Amerika Selatan.

Baca Juga: Kondisi Garut Terkini Usai Banjir Bandang - Gempa dari BMKG dan Wilayah Tergenang Air Hari Ini, 17 Juli 2022

Arapaima adalah salah satu ikan air tawar terbesar di dunia, karena dapat mencapai panjang hingga 3 meter dan berat hingga 220 kilogram.

Tubuh ikan Arapaima memiliki bentuk yang unik. Tubuh bagian depan panjang dan meruncing, sisanya rata, dan bagian belakang memiliki sirip ekor yang membulat.

Ikan yang termasuk dalam keluarga Osteofit ini, terkenal ganas di habitat aslinya. Sebab ikan Arapaima akan meremukkan mangsanya dengan tulang bergigi di bagian bawah mulutnya.

Melalui laman Animaldiversity.org juga menyatakan bahwa Arapaima adalah predator yang memakan ikan, burung, atau hewan lain yang bisa diburu di sekitar sungai.

Halaman:

Editor: Sani Charonni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x