10 Keutamaan Hari Jumat Berdasarkan Hadis Nabi Belum Banyak Diketahui: Pengampunan Dosa dan Mustajabnya Doa

- 15 Juli 2022, 08:00 WIB
Ilustrasi hari Jumat memiliki berbagai keutamaan yang dijelaskan oleh hadis Nabi Muhammad SAW salah satunya pada hari itu kiamat akan terjadi.
Ilustrasi hari Jumat memiliki berbagai keutamaan yang dijelaskan oleh hadis Nabi Muhammad SAW salah satunya pada hari itu kiamat akan terjadi. /Freepik.com/@rawpixel.com

BERITA DIY- Berikut informasi yang berkaitan dengan 10 keutamaan hari Jumat berdasarkan hadis nabi yang belum banyak diketahui di antaranya sebagai hari pengampunan dosa dan mustajabnya doa.

Hari Jumat berdasarkan urutannya merupakan hari ke enam dan merupakan hari yang unik dalam Islam. Jika dilihat dan memperhatikan nama hari lain maknanya sama dengan urutan angka dalam satu minggu.

Sebagai contoh: Ahad (hari pertama), Isnain (hari kedua), tsulatsa (hari ketiga), arbi’a (hari keempat) dan khamis (hari kelima), serta sabt yang berakar kata dari sab'ah (hari ketujuh).

Sedangkan hari Jumat dibaca dalam tiga bentuk yaitu Jumu'ah, Jum’ah, dan Juma’ah yang memiliki arti berkumpul. Selain itu ada banyak dalil yang menyebutkan tentang keutamaan hari Jumat.

Baca Juga: Bacaan Doa Sesudah Makan: Lengkap Tulisan Arab, Latin, dan Artinya dalam Bahasa Indonesia

Pertama yaitu hadis yang diriwayatkan oleh Al-Imam al-Syafi’i dan al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Sa’ad bin ‘Ubadah:

 سَيِّدُ الْأَيَّامِ عِنْدَ اللهِ يَوْمُ الْجُمُعَةِ وَهُوَ أَعْظَمُ مِنْ يَوْمِ النَّحَرِ وَيَوْمُ الْفِطْرِ وَفِيْهِ خَمْسُ خِصَالٍ فِيْهِ خَلَقَ اللهُ آدَمَ وَفِيْهِ أُهْبِطَ مِنَ الْجَنَّةِ إِلَى الْأَرْضِ وَفِيْهِ تُوُفِّيَ وَفِيْهِ سَاعَةٌ لَا يَسْأَلُ الْعَبْدُ فِيْهَا اللهَ شَيْئًا إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهُ مَا لَمْ يَسْأَلْ إِثْمًا أَوْ قَطِيْعَةَ رَحِمٍ وَفِيْهِ تَقُوْمُ السَّاعَةُ وَمَا مِنْ مَلَكٍ مُقّرَّبٍ وَلَا سَمَاءٍ وَلَا أَرْضٍ وَلَا رِيْحٍ وَلَا جَبَلٍ وَلَا حَجَرٍ إِلَّا وَهُوَ مُشْفِقٌ مِنْ يَوْمِ الْجُمُع

“Rajanya hari di sisi Allah adalah hari Jumat. Ia lebih agung daripada hari raya kurban dan hari raya Fitri. Di dalam Jumat terdapat lima keutamaan. Pada hari Jumat Allah menciptakan Nabi Adam dan mengeluarkannya dari surga ke bumi. Pada hari Jumat pula Nabi Adam wafat. Di dalam hari Jumat terdapat waktu yang tiada seorang hamba meminta sesuatu di dalamnya kecuali Allah mengabulkan permintaannya, selama tidak meminta dosa atau memutus tali silaturrahim. Hari kiamat juga terjadi di hari Jumat. Tiada Malaikat yang didekatkan di sisi Allah, langit, bumi, angin, gunung dan batu kecuali ia khawatir terjadinya kiamat saat hari Jumat”.

Baca Juga: Bacaan Doa Sebelum Makan dan Artinya Sebagai Ungkapan Syukur Atas Nikmat dari Allah SWT

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x