Bacaan Doa Tahlil NU untuk Orang Meninggal Dunia Baik Dibaca di Malam Jumat Beserta Link Download PDF

- 14 Juli 2022, 16:06 WIB
Ilustrasi - Berikut urutan bacaan doa tahlil NU untuk orang meninggal dunia yang baik dibaca di malam Jumat.
Ilustrasi - Berikut urutan bacaan doa tahlil NU untuk orang meninggal dunia yang baik dibaca di malam Jumat. /BERITA DIY/MR Firmansyah

BERITA DIY - Simak bacaan doa tahlil Nahdlatul Ulama (NU) untuk orang meninggal dunia baik dibaca di malam Jumat beserta link download versi PDF.

Bagi yang ingin mengadakan tahlilan berikut disampaikan bacaan doa tahlil NU untuk mendoakan orang meninggal dunia.

Tradisi tahlilan yang biasanya diadakan setiap malam Jumat memiliki bacaan doa beragam versi, salah satunya NU.

Meskipun tak ada hadits atau riwayat tentang tahlilan, namun masyarakat Indonesia telah menjaga tradisi untuk mendoakan orang yang telah meninggal dunia.

Baca Juga: Susunan dan Urutan Bacaan Doa Tahlil atau Doa Arwah Malam Jumat Bulan Dzulhijjah untuk Orang Meninggal Dunia

Bahkan para sufi (wali), ulama dan kyai di tanah Jawa bersikap simpatik terhadap budaya lokal, yakni mendoakan orang yang telah tiada atau menghormati arwah para leluhur.

Bentuk akulturasi Islamisasi dengan budaya lokal, di antaranya adalah selametan orang yang meninggal dunia (tahlilan), upacara nujuh bulan ibu hamil, tradisi sedekah bumi, tradisi nadran, dll.

Khusus untuk tahlilan yang biasanya bertujuan mendoakan orang meninggal dunia diselenggarakan atas kemuan keluarga atau ahli waris almarhum/almarhumah.

Dalam serangkaian bacaan doa tahlil tentunya terselip Surat Al Fatihah yang ditujukan untuk orang-orang tertentu berdasarkan urutannya.

Baca Juga: Bacaan Surat Yasin Latin Lengkap 83 Ayat, Tulisan Arab, dan Arti Bahasa Indonesia untuk Dibaca Bersama Tahlil

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x