Idul Adha 2022: Berapa Persen Jatah Daging Kurban untuk orang yang Melaksanakan Kurban dan Aturan Pembagian

- 10 Juli 2022, 08:15 WIB
Ilustrasi hewan kurban, Idul Adha 1443, daging kurban, cara pembagian daging kurban, jatah daging bagi seseorang yang melaksanakan kurban.
Ilustrasi hewan kurban, Idul Adha 1443, daging kurban, cara pembagian daging kurban, jatah daging bagi seseorang yang melaksanakan kurban. /Pixabay/Quangpraha

BERITA DIY - Simak berikut pembagian jatah daging kurban dan jatah yang akan diterima bagi seseorang yang melaksanakan kurban di Idul Adha.

Penetapan Idul Adha tahun 2022 kali ini menemui perbedaan antara Muhammadiyah dan pemerintah.

Muhammadiyah menetapkan sholat Idul Adha jatuh pada 9 Dzulhijjah 1443 Hijriah, sedangkan pemerintah satu hari setelahnya.

Salah satu kegiatan yang paling dinantikan oleh masyarakat ketika Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban yang kemudian akan dibagi-bagikan.

Baca Juga: Teks Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban di Hari Raya Idul Adha 2022 dan Tata Cara Penyembelihan Qurban Sunnah

Menyembelih hewan kurban saat Idul Adha dapat dilakukan selama 4 hari, tepatnya pada 10 Dzulhijjah dan 3 hari setelahnya atau yang sering disebut sebagai hari tasyrik.

Hukum menyembelih hewan kurban saat Idul Adha adalah sunnah yang diutamakan atau sunnah muakkad.

Hal itu sejalan dengan beberapa hadits tentang kurban sebagai berikut:

Allah SWT telah mensyariatkan qurban dengan firman-Nya, “Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus.” (Al-Kautsar: 1 - 3).

Halaman:

Editor: Iman Fakhrudin


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x