Jadwal Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah di Bulan Dzulhijjah Sebelum Idul Adha 2022, Bacaan Niat dan Keutamaan

- 7 Juli 2022, 17:14 WIB
Ilustrasi jadwal kapan puasa Tarwiyah dan Arafah Juli 2022 sebelum idul Adha beserta bacaan niat dan keutamaan.
Ilustrasi jadwal kapan puasa Tarwiyah dan Arafah Juli 2022 sebelum idul Adha beserta bacaan niat dan keutamaan. /PIXABAY/@pictavio

BERITA DIY - Simak jadwal kapan puasa Tarwiyah dan Arafah di bulan Dzulhijjah sebelum Idul Adha 2022 beserta bacaan niat dan keutamaan melaksanakan.

Bulan Dzulhijjah merupakan salah satu bulan yang dianjurkan untuk menjalankan ibadah puasa, dua diantaranya adalah puasa Tarwiyah dan Arafah tepat sebelum Hari Raya Idul Adha.

Lalu kapan jadwal puasa Tarwiyah dan Arafah di bulan Dzulhijjah tahun 2022 ini? Bagaimana bacaan niat dan keutamaan ibadah sunnah tersebut?

Sebelumnya, Pemerintah melalui hasil Sidang Isbat Kemenag menetapkan tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada tanggal 1 Juli 2022.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Arafah Idul Adha: Bahasa Arab, Latin, dan Bahasa Indonesia serta Keutamaan

Hal itulah yang menjadi landasan penetapan Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1443 Hijriyah jatuh pada tanggal 10 Juli 2022 versi Pemerintah.

Umat Islam dianjurkan untuk melakukan ibadah puasa sembilan hari pertama di bulan Dzulhijjah termasuk puasa Tarwiyah dan Arafah.

Di mana rincian puasa sunnah tersebut ialah puasa tujuh hari 1-7 Dzulhijjah, puasa Tarwiyah 8 Dzulhijjah dan 9 Dzulhijjah adalah puasa Arafah.

Sementara tanggal 10 Dzulhijjah tak diperkenankan berpuasa karena bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha. Umat Islam diwajibkan makan dan minum untuk merayakan hari kurban.

Baca Juga: Kapan dan Berapa Hari Puasa Arafah Tarwiyah Sebelum Idul Adha? Ini Jadwal Serta Niat Arab, Latin dan Arti

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x