Kapan Puasa Tarwiyah dan Arafah 2022? Ini Bacaan Niat dalam Arab, Latin, dan Artinya Serta Keutamaan

- 29 Juni 2022, 19:35 WIB
Ilustrasi - Informasi mengenai kapan puasa tarwiyah dan arafah 2022, dilengkapi bacaan niat dalam Arab, latin, dan artinya beserta keutamaan mengerjakannya.
Ilustrasi - Informasi mengenai kapan puasa tarwiyah dan arafah 2022, dilengkapi bacaan niat dalam Arab, latin, dan artinya beserta keutamaan mengerjakannya. /PIXABAY/@Konevi

BERITA DIY – Berikut merupakan informasi mengenai kapan puasa Tarwiyah dan Arafah 2022, dilengkapi bacaan niat dalam Arab, latin, dan artinya beserta keutamaan mengerjakannya.

Sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah mempunyai keistimewaan tersendiri. Sehingga pada hari-hari tersebut dianjurkan meningkatkan amal ibadah. Sebagaimana telah diisyaratkan dalam Al-Quran:

وَالْفَجْرِ وَلَيَالٍ عَشْرٍ

“Demi masa, dan (demi) malam yang sepuluh.” (QS. Al-Fajr: 1-2)

Umat muslim juga sangat dianjurkan untuk mengerjakan puasa sunnah 2 hari berturut-turut, yaitu puasa sunnah Tarwiyah dan puasa Arafah.

Puasa tarwiyah merupakan puasa yang dilaksanakan pada tanggal 8 Dzulhijjah setiap tahunnya. Sedangkan puasa Arafah adalah puasa yang dilaksanakan pada tanggal 9 Dzulhijjah di mana orang-orang yang melaksanakan ibadah haji sedang berwukuf di padang Arafah.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah Arafah, Tarwiyah dan Senin Kamis Sebelum Idul Adha, Arab, Latin, serta Artinya

Adapun mengenai tata cara pelaksanaan puasa sunnah Tarwiyah dan Arafah mirip dengan puasa-puasa lainnya.

Keutamaan puasa Tarwiyah dan Arafah ini bisa disimak dalam hadits berikut ini, dikutip oleh Berita DIY dari laman resmi Pondok Pesantren Lirboyo.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x