Niat Puasa Arafah 2022 Lengkap dengan Tata Cara, Keutamaan dan Waktu Pelaksanaannya

- 29 Juni 2022, 19:20 WIB
Ilustrasi jadwal dan niat puasa Arafah pada Idul Adha 2022.
Ilustrasi jadwal dan niat puasa Arafah pada Idul Adha 2022. /Pixabay.com./Mohammed_hassan.

BERITA DIY – Berikut bacaan niat puasa Arafah sebelum Idul Adha 1443 H tahun 2022 yang disajikan dalam bahasa Arab, latin, serta artinya dalam bahasa Indonesia.

Akan disajikan juga tentang tata cara, keutamaan dan waktu pelaksanaan puasa Arafah 2022.

Jelang Hari Raya Idul Adha, umat muslim dianjurkan melakukan amal sholeh pada 10 hari pertama bulan Dzulhijjah salah satunya dengan melakukan puasa Tarwiyah dan Arafah.

Kedua puasa ini dilakukan dua hari sebelum Hari Raya Idul Adha pada 10 Dzulhijjah 1443 H atau pada kalender Masehi jatuh pada 9 Juli 2022 mendatang.

Baca Juga: Niat Puasa, Tata Cara, Keutamaan, dan Jadwal Penyelenggaraan Puasa Tarwiyah 2022

Puasa Arafah sendiri dilaksanakan pada 9 Dzulhijjah 1443 H. Pada tahun ini, puasa Arafah jatuh pada tanggal 8 Juli 2022. 

Puasa Arafah sendiri merupakan puasa sunnah yang dianjurkan kepada umat muslim menjelang Idul Adha, adapaun keutamaannya seperti diriwayatkan Qatadah rahimahullah, Rasulullah pernah bersabda yang artinya:

“Puasa hari Arafah dapat menghapuskan dosa dua tahun yang telah lepas dan akan datang, dan puasa Asyura (tanggal 10 Muharam) menghapuskan dosa setahun yang lepas,” Hadits Riwayat Muslim.

Selain itu, puasa Arafah ini masuk pada hari kesembilan Dzulhijjah, di mana 10 hari pertama pada bulan ini umat muslim dianjurkan untuk melaksanakan banyak hal baik.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x