5 Amalan Sunah Dilakukan Sebelum dan Sesudah Melaksanakan Salat Hari Raya Idul Adha Selain Kurban

- 29 Juni 2022, 18:30 WIB
Ilustrasi 5 Amalan sunah dilakukan sebelum dan sesudah melaksanakan salat Hari Raya Idul Adha selain kurban.
Ilustrasi 5 Amalan sunah dilakukan sebelum dan sesudah melaksanakan salat Hari Raya Idul Adha selain kurban. /PIXABAY/@suhailsuri

BERITA DIY - Berikut informasi tentang amalan-amalan sunah bernilai pahala dilakukan sebelum dan sesudah melaksanakan salat Hari Raya Idul Adha selain kurban.

Umat Islam memiliki dua hari raya yaitu Hari Raya Idul Adha dan Hari Raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri dilaksanakan setelah melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan.

Sedangkan Hari Raya Idul Adha dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Salah satu amalan yang mudah diingat dan paling sering dilakukan oleh umat Islam pada hari Raya Idul Adha adalah kurban.

Namun, ada banyak amalan sunah selain kurban yang bisa dilakukan oleh umat Islam sebelum dan sesudah melaksanakan salat Idul Adha.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah Arafah, Tarwiyah dan Senin Kamis Sebelum Idul Adha, Arab, Latin, serta Artinya

Berikut ini beberapa amalan sunah yang bisa dilakukan sebelum dan sesudah melaksanakan salat Idul Adha dikutip dari Muhammadiyah:

1. Tidak makan sebelum melaksanakan salat Idul Adha

Jika pada Hari Raya Idul Fitri umat Islam dianjurkan untuk makan terlebih dahulu sebelum melaksanakan salat maka lain halnya dengan Idul Adha.

Pada Hari Raya Idul Adha umat Islam disunahkan untuk tidak makan terlebih dahulu sebelum melaksanakan salat, makan dilakukan setelah melaksanakan ibadah salat.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x