Apa Itu Sesar Baribis? Ini Penjelasan dan Potensi Gempa yang Mengepung di Jakarta dan Sekitar

- 26 Juni 2022, 15:55 WIB
Ilustrasi. Apa itu Sesar Baribis? Ini penjelasan dan potensi gempa yang mengepung di Jakarta dan Sekitarnya, menurut BMKG.
Ilustrasi. Apa itu Sesar Baribis? Ini penjelasan dan potensi gempa yang mengepung di Jakarta dan Sekitarnya, menurut BMKG. /Twitter.com/@infoBMKG

BERITA DIY – Apa itu Sesar Baribis? Ini penjelasan dan potensi gempa yang mengepung di Jakarta dan Sekitarnya.

Sesar Baribis menjadi perbincangan warganet setelah beredar mengenai aktifnya kembali Sesar Baribis di selatan Jakarta, sehingga memunculkan potensi gempa di Ibu Kota.

Aktifnya Sesar Baribis dibenarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), bahwa Sesar Baribis yang berada di selatan Jakarta terbukti aktif dengan estimasi lagu geser mencapai sekitar 5 milimeter per tahun.

“Keatifian Sesar Baribis didukung hasil monitoring peralatan sensor seismograf BMKG di mana terdapat aktivitas gempa yang terpantau di jalur sesar, meskipun dalam magnitudo kecil 2,3 – 3,1,” ungkap Koordinator Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono, dikutip BERITA DIY dari ANTARA, 24 Juni 2022.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Yogyakarta Hari Ini 22 Juni 2022 BMKG: Jogja dan Bantul Cerah, Awas Sleman Hujan Petir

BMKG telah melakukan kajian terhadap Sesar Baribis yang berada di selatan Jakarta, dan hasil penelitian tersebut sudah diterbitkan di jurnal bergengsi Scientific Reports (Nature) pada tahun 2022.

Berdasarkan kajian tersebut, Sesar Baribis memiliki potensi gempa yang cukup signifikan. Bahkan BMKG telah mencatat bahwa terjadi aktivitas gempa kerak dangkal akibat Sesar Baribis tersebut.

Daryono juga menjelaskan bahwa ketiga terjadi gempa yang terjadi memiliki kekuatan lebih besar tentu potensi kerusakannya pun akan semakin besar.

“Pentingnya menerapkan upaya mitigasi yang nyata atau konkret di wilayah Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, Karawang, Purwakarta dan sekitar untuk mewujudkan bangunan tahan gempa, tegas Daryono.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x