Apa Itu Sesar Baribis yang Disebut Ancaman Gempa di Jakarta? Terletak di Mana dan Sejarah Gempa di DKI

- 26 Juni 2022, 15:44 WIB
Ilustrasi - Titik pusat gempa di Banten, Sabtu, 26 Juni 2022. Berikut penjelasan apa itu sesar Bibis yang disebut sebagai ancaman gempa di DKI Jakarta.
Ilustrasi - Titik pusat gempa di Banten, Sabtu, 26 Juni 2022. Berikut penjelasan apa itu sesar Bibis yang disebut sebagai ancaman gempa di DKI Jakarta. /Twitter.com/@infoBMKG

BERITA DIY - Simak apa itu sesar Baribis yang disebut bisa menjadi ancaman gempa di Jakarta, apakah berbahaya? Berikut lokasi dan sejarah kegempaan.

Baru-baru ini masyarakat ingin mencari tahu apa itu sesar Bibis hingga menjadi trending pencarian Google hari ini, Minggu, 26 Juni 2022. Apakah bisa menjadi ancaman gempa di Jakarta dan sekitarnya?

Berikut dijelaskan apa itu Sesar Bibis beserta ancaman gempa di Jakarta, terletak di mana hingga sejarah kegempaan yang pernah terjadi.

Sebagai perkenalan, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling rentan terhadap berbagai macam bencana, di antaranya adalah gempa bumi.

Baca Juga: Gempa Bumi di Afghanistan Timur, Berapa Jumlah Korban hingga PBB Ucapkan Berduka dan Seruan Bantuan

Umumnya gempa bumi dipicu oleh aktivitas tektonik berupa dua atau lebih patahan atau sesar yang saling bertemu hingga menyebabkan gesekan.

Hal inilah yang memicu getaran di permukaan bumi dan pada akhirnya dirasakan oleh manusia. Sebenarnya gempa bumi terjadi setiap hari dengan intensitas yang kecil sehingga banyak yang tak merasakan.

Meski demikian beberapa kejadian gempa bumi menyebabkan kerusakan hingga korban jiwa. Inilah yang disebut dengan bencana alam.

DKI Jakarta merupakan Ibukota Indonesia dengan kepadatan penduduk tinggi. Namun apakah wilayah ini rentan terhadap bencana gempa bumi?

Baca Juga: Info RESMI BMKG Gempa Pacitan M 5,3 Pagi Ini Terasa di Jogja, Ini Hasil Analisis, Penyebab dan Potensi Tsunami

Halaman:

Editor: Inayah Bastin Al Hakim


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x