Fenomena Planet Sejajar 24 Juni 2022 Apa Dampaknya Bagi Bumi, Apakah Berbahaya, Jam Berapa Waktu Untuk Lihat?

- 23 Juni 2022, 14:15 WIB
Apa itu fenomena planet sejajar 24 Juni 2022, apakah berbahaya, apa dampaknya bagi bumi?
Apa itu fenomena planet sejajar 24 Juni 2022, apakah berbahaya, apa dampaknya bagi bumi? /PIXABAY/0fj125gk87

BERITA DIY - Fenomena planet sejajar 24 Juni 2022 menjadi sangat viral di berbagai media sosial dan laman pencarian. Hal tersebut dikarenakan peristiwa astronomi tersebut sangat langka terjadi.

Layaknya fenomena astronomi lainnya yang memiliki dampak bagi bumi, banyak akhirnya yang bertanya fenomena planet sejajar 24 Juni nanti apa dampaknya bagi bumi? Perlu diketahui bahwa fenomena tersebut tidak akan menimbulkan dampak apapun bagi bumi.

Karena fenomena planet sejajar yang akan terjadi pada 24 Juni nanti tidak memiliki dampak apapun, menjadikan fenomena tersebut tidak berbahaya. Untuk itu tidak perlu khawatir akan terjadinya fenomena langka tersebut.

Secara umum, fenomena planet sejajar 24 Juni 2022 nantinya dapat disaksikan secara langsung tanpa bantuan alat pencitraan seperti teropong. Waktu terbaik untuk menyaksikan fenomena tersebut adalah ketika subuh hari sebelum matahari terbit sekitar pukul 04:30 waktu setempat.

Baca Juga: Ada Apa dengan 24 Juni 2022, Apa Dampak Fenomena Planet Sejajar Bagi Bumi: Jam Berapa dan Apakah Berbahaya?

Dilansir dari theguardian.com, waktu yang paling jelas untuk melihatnya secara langsung yakni setelah habis subuh sebelum matahari terbit sekitar pukul 04:30 waktu setempat. Hal tersebut dikarenakan untuk menghindari cahaya matahari yang tentunya akan menghalangi pandangan secara langsung.

Peristiwa tersebut akan memperlihatkan 5 planet akan sejajar yakni Mars, Venus, Merkurius, Jupiter, dan Saturnus. Sebenarnya fenomena planet sejajar biasa terjadi apabila hanya 3 planet yang terlihat.

Namun peristiwa 5 planet sejajar secara bersamaan sangat langka terjadi. Peristiwa 5 planet sejajar secara bersamaan terakhir terjadi 18 tahun yang lalu tepat pada Desember 2004.

Adapun waktu masing-masing planet untuk sejajar juga sangat beragam. Merkurius akan terlihat menjelang matahari terbit di sebelah timur tepat pada pukul 04:30 waktu Inggris.

Halaman:

Editor: Aziz Abdillah


Tags

Terkait


Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x